Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turnamen Golf Indonesian Masters 2022 Dibuka, Cuaca Jadi Tantangan

Kompas.com - 01/12/2022, 20:58 WIB
Rafiandra Putra Andika,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com Turnamen golf bergengsi BNI Indonesian Masters 2022 telah dibuka pada Kamis (1/12/2022) dan akan berlangsung selama akhir pekan ini hingga Minggu (4/12/2022).

Gelaran turnamen sempat dihentikan sejenak pada siang hingga sore hari WIB lantaran cuaca hujan.

Meskipun sempat dilanjutkan kembali, turnamen hari pertama harus dihentikan lebih cepat dari jadwal pada pukul 16.45 WIB lantaran cuaca hujan.

Pada hari pembuka turnamen, Kosuke Hamamoto dari Thailand dan Neil Schietekat dari Afrika Selatan memimpin peringkat skor dengan sama-sama meraih -6 under par dengan total 66 pukulan dari 72 kesempatan.

Baca juga: Turnamen Golf Indonesian Masters 2022, Lebih Besar dari Sebelumnya

Hamamoto berhasil meraih enam birdie (satu pukulan lebih sedikit dari kesempatan) dalam 18 hole, sementara Schietekat mampu memukul tujuh birdie namun ia melebihi batas empat kesempatan pada hole 6 dengan satu pukulan.

Antusiasme penonton meningkat saat melihat tiga mantan juara Indonesian Masters, Lee Westwood (Inggris), Aniban Lahiri (India), dan Jazz Janewattananond (Thailand) yang tergabung dalam satu grup yang sama.

Lee Westwood, tiga kali juara Indonesian Masters (2011, 2012, 2015), mengakhiri hari pertama dengan raihan skor +3 over par, namun baru bermain di 10 hole.

Lalu, juara Indonesian Masters tahun 2014, Aniban Lahiri dari India, bermain impresif dengan meraih skor -4 under par dari 10 hole.

Baca juga: Menpora Buka Turnamen Golf FHUI di Jagorawi Golf Club 

Juara bertahan Indonesian Masters tahun 2019, Jazz Janewattananond, memulai kiprahnya mempertahankan gelar dengan meraih -1 under par di hari pertama.

Sebanyak 20 pegolf Indonesia juga turut berpartisipasi dalam turnamen ini, dengan nama-nama seperti Danny Masrin, Rory Hie, Naraajie E. Ramadhanputra hingga Jonathan Wijono.   

Namun, Kevin Akbar yang menjadi wakil Indonesia dengan raihan skor terbaik pada hari pertama. Bermain pada sesi pagi, Akbar meraih -3 under par dan berada di posisi ke-11.

Raihan Akbar tersebut lebih baik dibanding para pegolf elit lainnya seperti pemimpin Asian Tour Order of Merit Sihwan Kim (+1), Bio Kim (-1), dan mantan juara Indonesian Masters lainnya, Poom Saksansin (-1) dan Bernd Wiesberger (+4).

Baca juga: Emeralvaganza Golf Tournament Bakal Digelar Akhir Pekan Ini

Suasana saat gelaran BNI Indonesia Masters 2022 pada Kamis (1/12/2022). Tampak Jazz Janewattananond (Thailand), Anirban Lahiri (Indonesia), dan Lee Westwood (Inggris). Suasana saat gelaran BNI Indonesia Masters 2022 pada Kamis (1/12/2022). Tampak Jazz Janewattananond (Thailand), Anirban Lahiri (Indonesia), dan Lee Westwood (Inggris).

Karena cuaca, setengah dari pegolf yang berlaga pada hari ini tidak bisa menyelesaikan seluruh 18 hole.

Hari kedua Indonesian Masters 2022 akan digelar pada Jumat (2/12/2022) dan pertandingan pertama akan dimulai pukul 06:15 WIB.

Sebanyak 144 pegolf papan atas dari penjuru dunia ikut berkompetisi pada turnamen yang diadakan di Royale Jakarta Golf Club tersebut dan akan memperebutkan hadiah sebesar 1,5 juta dollar AS, atau setara Rp 23,2 miliar.

Indonesian Masters 2022 merupakan gelaran ke-10 turnamen golf tahunan ini dan untuk pertama kalinya tergabung dengan The International Series sebagai seri penutup dari Asian Tour.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com