Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Indonesia Ingin Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036, Tak Sekadar Cari Keuntungan

Kompas.com - 16/11/2022, 21:00 WIB
Ahmad Zilky,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengungkapkan alasan Indonesia menginginkan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

Zainudin Amali mengatakan bahwa pencalonan diri Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 bukan sekedar mencari keuntungan.

“Ini bukan hanya soal keuntungan. Dalam beberapa event saat kami menjadi tuan rumah, baik itu single event atau multi event, kami bukan saja mementingkan keuntungan,” ucap Zainudin Amali dalam konferensi pers virtual yang dihadiri Kompas.com pada Rabu (16/11/2022).

Menurut Zainudin Amali, Indonesia bisa mendapatkan nilai lain seandainya menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

Baca juga: Jokowi: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

“Namun, kami percaya bahwa bakal menambatkan value lain jika menjadi tuan rumah Olimpiade,” ucap Amali.

“Dampaknya bakal signifikan buat mengembangkan olahraga di sini. Saat ini kami sudah memiliki desain untuk olahraga nasional,” kata dia.

Zainudin Amali mengungkapkan Indonesia memang mempunyai target besar untuk HUT RI ke-100.

“Target kami untuk seratus tahun kemerdekaan Indonesia, kami ingin menjadi salah satu dari lima besar negara terbaik di dunia olahraga,” kata dia.

Baca juga: Peraih Medali Perak Olimpiade Rio Pensiun usai Malaysia Open 2023

Lebih lanjut, Zainudin Amali menuturkan bahwa Indonesia sangat serius untuk bisa menjadi pihak penyelenggara Olimpiade 2032.

“Jika Anda bertanya seberapa serius kami, ya kami sangat serius,” ucap sosok berusia 60 tahun itu.

“Kami sudah mempunyai pengalaman untuk menjadi tuan rumah perhelatan olahraga multievent, dan itu berjalan sukses. Kami akan melanjutkan dialog dengan IOC,” tutur dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan kesiapan dan kesediaan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2036 jika ditunjuk.

Jokowi menuturkan bahwa Indonesia siap untuk menggulirkan Olimpiade 2036 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca juga: Menpora Zainudin Amali Apresiasi 3.000 Peserta SKJ di UNG

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara,” ucap Jokowi dalam keterangan tertulis di Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, pada Rabu (16/11/2022).

“Saya sebagai Ketua G20 2022, bersama pemimpin lainnya menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia, terutama pada saat ini,” imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com