Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata di Desa Adat Sade Sambil Nonton WSBK Mandalika dan Asia Talent Cup

Kompas.com - 12/11/2022, 05:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

Laporan langsung wartawan Kompas.com Farahdilla Puspa dari Mandalika, Lombok Tengah

KOMPAS.com - Lombok kembali menjadi pusat perhatian dunia balap Tanah Air menyusul penyelenggaraan World Superbike (WSBK) Mandalika 2022 dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC). 

Jadwal WSBK Mandalika 2022 yang juga digelar bersamaan dengan Asia Talent Cup 2022 berlangsung di Sirkuit Mandalika sejak Jumat (11/11/2022) hingga Minggu (13/11/2022). 

Baik WSBK maupun Asia Talent Cup Mandalika 2022 bisa menjadi penentuan gelar juara. Pebalap Aruba.it Ducati Alvaro Bautista punya kans besar untuk memastikan titel juara dunia. 

Alvaro Bautista kini memimpin klasemen WSBK 2022 dengan perolehan 507 poin. Pebalap asal Spanyol itu unggul 82 poin atas juara bertahan Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx).

Baca juga: Jadwal WSBK Mandalika 2022: Langkah Awal Bautista Pastikan Gelar Juara

Toprak menempati peringkat kedua dengan koleksi 425 poin. Sementara itu, juara dunia WSBK enam kali Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team) menempati posisi ketiga dengan 409 poin. 

Bautista memiliki kans terbesar untuk meraih gelar juara dunia. Ia bisa menyegel titel juara dunia di Mandalika jika finis dengan keunggulan 17 poin atas Toprak dan satu poin atas Rea. 

Sederhananya, Bautista harus menang pada Race 1 untuk mengunci gelar juara dunia, seangkan Toprak finis di posisi kedelapan atau lebih buruk. 

Bautista juga bisa mengamankan gelar apabila finis kedua di Mandalika, sedangkan Toprak finis ke-13.

Baca juga: Tak Bawa Uang Rp 5.000, Pemuncak Klasemen WSBK Dicegat Penjaga Loket

Jika Bautista menyelesaikan Race 1 WSBK Mandalika di luar dua besar, penentuan juara dunia berlanjut ke Superpole dan Race 2 yang akan berlangsung pada Minggu (13/11/2022).

Sementara itu, untuk Idemitsu Asia Talent Cup, tiga pebalap teratas yaitu Hakim Danish (Malaysia), Shinya Ezawa (Jepang), dan Gun Mie (Jepang) secara matematis berpeluang merebut gelar juara dunia. 

Hakim Danish memimpin klasemen Asia Talent Cup 2022 dengan koleksi 151 poin, diikuti Shinya Ezawa yang mengumpulkan 148 poin, dan Gun Mie yang meraih 116 poin.

Selain menyaksikan WSBK dan Asia Talent Cup, penonton juga bisa berwisata ke Desa Adat Sade di Rembitan, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 

Baca juga: WSBK 2022 - Dorna: Sirkuit Mandalika Siap untuk Race Sabtu dan Minggu

Desa Adat Sade berada 10 kilometer atau 15 menit dari Sirkuit Mandalika. Pengunjung bisa belajar tentang budaya suku Sasak dan melihat rumah adat masyarakat lombok. 

Pemandu wisata, Mujar, mengatakan bahwa Sade artinya adalah obat dan desa tersebut  dipertahankan serta dirawat selama 15 generasi. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com