Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Ronaldo dan Bruce Lee sebelum Saksikan GP Singapura 2022

Kompas.com - 02/10/2022, 04:00 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Ajang Formula 1 (F1) di Singapura tak semata-mata hanya berbicara soal balapan jet darat pada malam hari di Sirkuit Marina Bay Street. 

Negera berlambang singa ini pun menyuguhkan sejumlah atraksi dan rangkaian kegiatan beberapa pekan sebelum event puncak yakni balapan di sirkuit jalan raya tersebut.

Nah, pada GP Singapore 2022, ada empat tempat yang menjadi pusat keramaian dalam hubungannya dengan F1 di negara itu.

Baca juga: Kampong Glam, Sejarah yang Tersimpan dalam Balutan Seni Modern di Singapura

Selain Orchard yang termasuk salah satu ikon Singapura, ada juga Pulau Sentosa, Kampong Glam dan Clarke Quay.

Setelah sempat terpuruk selama dua tahun oleh badai Covid-19, kini Singapura mulai bangkit dan menggeliat. Melalui STB (Singapore Tourism Board), mereka berusaha kembali memperlihatkan dirinya.

Madame Tussauds Singapore termasuk satu dari sejumlah daya tarik yang patut masuk rencana destinasi sebelum menyaksikan F1.

Tempat yang berlokasi di Imbiah Lookout, Sentosa, ini merupakan museum lilin. Anda bisa foto bersama tokoh-tokoh yang ada di sana.

Baca juga: Absen 2 Tahun, Halloween Horror Nights di Universal Studios Hadir Lagi

Ada lebih dari 90 tokoh berpengaruh di dunia yang diabadikan melalui patung lilin di Madame Tussauds Singapore. Sejumlah artis Bollywood ada di sana, begitu juga dengan bintang-bintang film Hollywood.

Selain itu, ada juga beberapa pesepak bola ternama di muka bumi ini, mulai dari David Beckham dan Cristiano Ronaldo serta legenda asal Singapura, Fandi Ahmad.

Patung lilin bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo, di museum patung lilin Madame Tussauds Singapore.ALOYSIUS GONSAGA ANGI EBO/KOMPAS.com Patung lilin bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo, di museum patung lilin Madame Tussauds Singapore.

Artis laga asal China pun diabadikan seperti Bruce Lee dan Jackie Chan. Bruce Lee, tampil dengan gaya khasnya ketika melompat dan melepaskan tendangan.

Sementara itu dari kalangan politisi, ada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, presiden pertama Ir Soekarno, mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama serta mendiang ratu Inggris, Elizabeth II.

Tak cuma tokoh-tokoh dunia. Ada pula deretan patung lilin yang menggambarkan sejarah Singapura mulai dari kedatangan orang China hingga perkembangan negara yang kini termasuk pusat bisnis dunia.

Madame Tussauds Singapore dibuka pada 25 Oktober 2014 dan merupakan Madame Tussauds ketujuh di Asia atau yang ke-18 di seluruh dunia.

Selama hampir berusia delapan tahun, Madame Tussauds Singapore sudah memiliki lebih dari 90 patung lilin. 

Biaya pembuatan patung-patung lilin ini terbilang fantastis. Sebab, setiap patung menghabiskan dana sekitar 300.000 dollar Singapura (sekitar Rp 3,206 miliar)!

Bagi para penggemar F1 maupun hanya sekadar melancong ke Singapura, Madame Tussauds Singapore bisa menjadi salah satu destinasi. Tempat ini beroperasi pada Kamis sampai Senin pukul 10.00 hingga 18.00 waktu setempat.

Baca juga: F1 GP Singapura: Sorak Sorai Penonton Menyambut Raungan Ferrari

Biaya untuk orang dewasa mencapai 44 dollar Singapura (sekitar Rp 471.000) dan anak-anak 32 dollar Singapura (sekitar Rp 342.000). 

Nominal tersebut sudah merupakan paket Madame Tussauds Singapore full experience (termasuk Marvel Universe 4D, Ultimate Film Star Experience, Images of Singapore, Spirit of Singapore boat ride dan souvenir foto digital).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com