Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gabung Tim NBA Milwaukee Bucks, Marques Bolden Dapat Kontrak Exhibit 10

Kompas.com - 26/09/2022, 21:30 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim NBA Milwaukee Bucks secara resmi mengumumkan kedatangan pemain timnas basket Indonesia, Marques Bolden.

Bergabungnya Marques Bolden ke Milwaukee Bucks diumumkan melalui media sosial dan laman resmi tim pada Senin (26/9/2022) pagi WIB. 

Marques Bolden yang merupakan pebasket naturalisasi Indonesia itu menandatangani kontrak tipe Exhibit 10, yaitu kesepakatan NBA dengan gaji minimum satu musim.

Dilansir dari Sportskeeda, kontrak Exhibit 10 bisa dikonversi menjadi kontrak dua arah (two-way deal) yaitu tampil di NBA dan NBA G League.  

Baca juga: Marques Bolden Gabung Tim NBA Milwaukee Bucks, Sejarah Terukir untuk Indonesia

Untuk mendapatkan kontrak dua arah, Marques Bolden harus menunjukkan penampilan apik selama training camp bersama Bucks. 

Jika berhasil, Marques Bolden akan menjadi warga negara Indonesia (WNI) pertama yang bermain di NBA setelah proses naturalisasinya rampung pada Juli 2021. 

Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi memberikan dukungan pada Marques Bolden. Nirmala Dewi Marques Bolden bisa menjadi inspirasi pebasket Indonesia lainnya. 

"Sebagai pengurus dan pecinta basket, kami tentu mendukung penuh pemain yang ingin berkarya di kompetisi dengan level lebih tinggi," kata Nirmala Dewi. 

"Semoga apa yang dilakukan Bolden ini bisa menginspirasi dan memotivasi pemain Indonesia lainnya," ucap Nirmala Dewi, dilansir dari laman resmi Indonesia Basketball. 

Baca juga: Tim NBA Milwaukee Bucks Resmi Umumkan Kedatangan Pebasket Indonesia Marques Bolden

Marques Bolden sebelumnya juga pernah merasakan ketatnya NBA pada 2019 dan 2021. Center kelahiran 17 April 1998 itu berjuang masuk NBA pada 2019 dengan status undrafted

Dia berjuang setelah pulih dari cedera kaki. Kemampuannya mampu memikat salah satu kontestan NBA, Cleveland Cavaliers. 

Namun, nama Marques Bolden lalu dirilis untuk memperkuat tim satelit Cavaliers di kompetisi NBA G League, yakni Canton Charge. 

Petualanganya kemudian berlanjut dengan gabung klub NBA G League, Salt Lake City Stars, yang berafiliasi dengan Utah Jazz sejak 2021.

Sementara itu, Marques Bolden resmi menjadi WNI pada Juli 2021 melalui program naturalisasi. 

Selama memperkuat timnas Indonesia, Marques Bolden membantu timnas mempersembahkan emas medali emas SEA Games Hanoi 2021.

Marques Bolden juga pernah menjadi pemain kunci di penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022.

Dengan tinggi 208 cm, center yang mengawali karier basket pada 2016 itu menjadi penyumbang poin terbanyak Indonesia dengan 32 poin saat timnas Indonesia menang atas Arab Saudi.

Ia mencetak 16 poin saat berhadapan dengan Jordania, 18 poin ketika melawan Australia, dan mencetak 21 poin kala menghadapi China. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com