Kompas.com - 19/08/2022, 02:40 WIB


KOMPAS.com - Walking dalam bola basket disebut juga dengan istilah travelling. Hukuman untuk pelanggaran ini adalah turnover atau perpindahan bola.

Walking dalam bola basket merupakan tipe pelanggaran jenis violation, yaitu pelanggaran yang lebih condong ke peraturan permainan.

Lalu, apa itu pelanggaran walking dalam bola basket?

Walking adalah pelanggaran seorang pemain saat membawa bola melewati batasan langkah dalam permainan bola basket.

Baca juga: Pelanggaran Backcourt Violation dalam Bola Basket

Dalam pertandingan bola basket seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika membawa bola lebih dari dua langkah tanpa melakukan dribble baik itu dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja.

Pelanggaran ini membuat batas yang tentu terkait dengan perbedaan basket dan bola tangan.

Menurut revisi peraturan FIBA pada 2018, jumlah langkah tersebut tidak menghitung gerakan kaki seorang pemain ketika menerima bola dari rekan setimnya.

Pelanggaran walking atau traveling violation terjadi, jika seorang pemain menggerakkan salah satu kaki yang digunakan sebagai poros dan menapakkannya ke lapangan tanpa melepaskan bola.

Baca juga: Steal dalam Permainan Bola Basket

Dasar tersebut membuat seorang pemain yang menerima operan, kemudian melompat serta menapak kembali ke permukaan lapangan tanpa menembakkan bola dikenakan pelanggaran walking.

Apabila seorang pemain berdiri saat sedang menguasai bola, kemudian terjatuh di lapangan, maka dapat dikenalan traveling violation.

(Sumber: Kompas.com/Medikantyo Junandika Adhikresna | Editor: Medikantyo Junandika Adhikresna)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Kompas.com


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.