Kompas.com - 15/08/2022, 23:20 WIB

KOMPAS.com - Terdapat berbagai macam teknik pertahanan dalam permainan bola basket, salah satunya adalah melakukan penjagaan satu lawan satu terhadap pemain yang memiliki posisi dan kondisi fisik yang sesuai.

Ada dua strategi dalam permainan bola basket yaitu offense (menyerang) dan defense (bertahan).

Offense dilakukan untuk menyerang dan mencetak poin, sedangkan defense dilakukan untuk mencegah tim lawan mencetak angka.

Baca juga: Bagaimana Teknik Melakukan Operan Pantul dalam Permainan Bola Basket?

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai salah satu jenis teknik defense dalam permainan bola basket yaitu man to man defense atau man to man marking.

Pada permainan bola basket, teknik man to man defense disebut juga dengan pertahanan atau penjagaan satu lawan satu.

Apa Itu Penjagaan Satu Lawan Satu?

Melakukan penjagaan satu lawan satu terhadap pemain yang memiliki posisi dan kondisi fisik yang sesuai merupakan pola dalam permainan basket yaitu man to man defense atau man to man marking.

Baca juga: Teknik Menembak dari Luar Daerah Bersyarat dalam Permainan Bola Basket

Dilansir dari situs web Rookie Road, man to man defense adalah strategi bertahan di mana pemain bertahan ditugaskan untuk menjaga pemain lawan, bukan untuk menutupi area tertentu di lapangan.

Pertahanan man to man atau satu lawan satu dijalankan untuk menghadapi serangan lawan yang mengandalkan keterampilan individu yang baik.

Apa Keunggulan Pertahanan Satu Lawan Satu?

Keunggulan strategi pertahanan satu lawan satu adalah tim yang dalam posisi bertahan memiliki kesempatan untuk mencuri bola dari pemain lawan saat melakukan dribble (steal).

Ketika tim bertahan bisa merebut bola dari lawan, kesempatan tersebut bisa dimanfaatkan untuk melakukan serangan cepat guna mencetak poin.

Baca juga: Apa Saja Aturan-aturan dalam Permainan Bola Basket?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.