Kompas.com - 06/08/2022, 09:40 WIB

KOMPAS.com - Tujuh cabang olahraga melampaui target medali emas yang telah dicananangkan Chef de Mission (CdM)) Indonesia di ASEAN Para Games 2022.

Indonesia dipastikan keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games 2022. Perolehan medali kontingen Indonesia sudah tidak bisa dikejar negara-neraga lainnya.

Dikutip dari website resmi APG 2022, pada Jumat (5/8/2022) malam, Indonesia berada di puncak klasemen medali ASEAN Para Games 2022 dengan total 419 medali.

Rinciannya adalah, Indonesia mengantongi 171 medali emas, 138 perak, dan 110 perunggu, dari ASEAN Para Games 2022 Solo.

Baca juga: Klasemen ASEAN Para Games 2022: Tembus 400 Medali, Lampaui Target, Indonesia Juara Umum

Indonesia jauh mengungguli Thailand di posisi kedua yang mengoleksi total 312 medali (113 emas, 113 perak, 86 perunggu).

"Pada malam hari ini, saya dengan berani mengatakan bahwa Indonesia telah menjadi juara umum ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022 di Solo. Salam olahraga!" ucap Ketua CdM Indonesia Andi Herman dalam jumpa pers di Hotel Swiss-Belinn, Solo, Jumar malam.

Indonesia merupakan negara tuan rumah pertama sejak 2009 yang menjadi juara ASEAN Para Games.

Sebelumnya, pesta olahraga multi-event bagi penyandang disabilitas itu tak pernah dimenangi host country dalam lima penyelenggaraan terakhir.

Baca juga: Jadi Juara Umum, Indonesia Patahkan Mitos Tuan Rumah ASEAN Para Games

Pencapaian Indonesia makin istimewa karena beberapa cabang olahraga bisa melampaui target medali emas yang dicananangkan CdM sebelumnya.

Dari total 14 cabor yang dipertandingkan, tujuh di antaranya bisa meraih medali emas lebih dari yang diharapkan. Berikut daftarnya:

Cabang olahraga Target Pencapaian
Para-atletik 35 medali 60 medali
Para-badminton 6 medali 13 medali
Para-catur 10 medali 13 medali
Para-angkat berat 6 medali 18 medali
Para-renang 7 medali 29 medali
Para-archery 2 medali 3 medali
Blind Judo 3 medali 9 medali

Catatan tersebut bisa untuk menutupi cabang olahraga yang belum memenuhi target, seperti sepak bola cerebral palsy.

Tim sepak bola cerebral palsy Indonesia ditargetkan meraih medali emas, tetapi meleset ke perak karena kalah dari Thailand di final.

Indonesia kalah adu penalti melawan Thailand dalam laga final cabor sepak bola CP yang digelar di Stadion Universitas Sebelas Maret, Solo, Jumat (5/8/2022) sore.

Baca juga: ASEAN Para Games 2022: Bekas Sopir Bentor dan Loper Koran Itu Kini Punya Emas untuk Indonesia

"Seluruh target yang dicananangkan oleh CdM sudah terpenuhi, kecuali sepak bola cerebral palsy. Indonesia kalah adu penalti lawan Thailand di final," ucap Andi Herman.

"Tim sepak bola CP diproyeksikan mendapatkan medali emas, tetapi hanya meraih medali perak. Hanya itu yang meleeset," imbuhnya.

ASEAN Para Games 2022 akan ditutup hari ini, Sabtu (6/8/2022). Closing ceremony alias upacara penutupan ASEAN Para Games 2022 dijadwalkan berlangsung di Stadion Manahan, Solo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.