Kompas.com - 02/08/2022, 04:50 WIB

KOMPAS.com - Nanda Mei Sholihah awalnya tak pernah menyangka keterbatasan yang dia miliki bisa membawanya bendera Merah Putih menangkasa berkat dirinya.

Nanda Mei Sholihah lahir dengan keadaan yang tak normal, tangan kanannya tidak sempurna.

Minder, kurang percaya diri, hingga didiskriminasi pernah dirasakannya karena kondisi fisik Nanda. Tetapi, jalan dari orang tuanya membuatnya kini tercatat sebagai andalan Indonesia.

Wanita kelahiran Kediri itu tengah berjuang pada ajang ASEAN Para Games 2022 di Solo, Jawa Tengah. Hebatnya, dia didapuk memanen lima medali emas. Target yang bukan main-main.

Nanda berjuang di kelas T47 dan turun di nomor 100, 200, dan 400 meter. Adapun dua nomor lainnya adalah kategori estafet.

Baca juga: Raih Emas ASEAN Para Games 2022, Sapto Yogo Purnomo Masih Haus Prestasi

Pada hari pertama ASEAN Para Games 2022, Senin (1/8/2022), Nanda meraih salah satu targetnya. Dia menjadi yang tercepat untuk nomor 100 meter T47.

Awalnya Coba-coba

Jauh sebelum menjadi andalan Indonesia, dia dulunya tidak memahami tentang seluk beluk olahraga khusus penyandang disabilitas.

Informasi soal olahraga khusus disabilitas berasa dari orang tuanya. Begitu juga motivasinya selama ini, dari ayah dan ibu.

"Memang orang tua, karena dari awal terjun orang tua sangat mendukung. 'Ikut aja dulu, siapa tahu rezeki'," kata Nanda bercerita kisah masa lalunya, Senin (1/8/2022).

Baca juga: Hasil Bulu Tangkis ASEAN Para Games 2022, Wakil Indonesia Tak Terkalahkan

Berkat saran orang tuanya, nama Nanda Mei Sholihah mencuat di pentas dunia. Sesuai dengan langkah awal dia berkarier, keterbatasan membawanya rezeki luar biasa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.