Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN Para Games 2022 Resmi Dibuka: Warna-warni Budaya Tanah Air Semarakkan Semangat Kesetaraan

Kompas.com - 31/07/2022, 04:50 WIB
Celvin Moniaga Sipahutar,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

Sumber Antara

KOMPAS.com - ASEAN Para Games 2022 resmi dibuka di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (30/7/2022) malam WIB. Upacara pembukaan APG 2022 kental akan unsur budaya Tanah Air.

Upcara pembukaan APG 2022 dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin beserta sejumlah pejabat negara seperti Menpora Zainudin Amali, Menko PMK Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

Sebelum acara inti, penonton dihibur oleh penampilan kelompok hiburan Pecas Ndahe dan sejumlah band lokal. 

Baca juga: Panggung Pembukaan ASEAN Para Games Raksasa, Manusia Terlihat Kecil

Adapun pertunjukkan wayang kulit yang dibawakan oleh dalang Ki Purbo Asmoro membuka kemeriahan panggung Opening Ceremony ASEAN Para Games 2022.

Dilansir dari Antara, dalang ini menampilkan cerita pewayangan dengan tokoh Rajamala, yang menjadi maskot APG ke-11 tersebut.

"Kekuatanku kasih, mata batinku bukan ketamakan dan kerakusan," demikian ucapan Rajamala yang dibawakan dalang Ki Purbo Asmoro.

Pementasan wayang kulit tersebut juga ditampilkan melalui layar berukuran besar yang bisa dinikmati seluruh penonton di Stadion Manahan.

Baca juga: Upacara Pembukaan ASEAN Para Games 2022: Dibuka Pecas Ndahe dengan We Are The Champions

Atraksi penuh unsur budaya lalu dilanjutkan oleh para penyandang disabilitas yang menampilkan pertunjukan seni bertajuk "Budhalan".

Dengan busana warna-warni, mereka membawa umbul-umbul dan wayang gunungan sebagai salah satu logo APG 2022.

Pementasan budaya selanjutnya menampilkan tarian dari para tokoh Mahabharata dan tokoh pewayangan orang di antaranya Arjuna, Gatot Kaca hingga Srikandi.

Tokoh Pewayangan Dampingi Kontingen dalam Defile

Kontingen Indonesia mengibarkan bendera merah putih saat defile pada pembukaan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/7/2022). ANTARA FOTO/Maulana Surya/tomANTARA FOTO/Maulana Surya Kontingen Indonesia mengibarkan bendera merah putih saat defile pada pembukaan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/7/2022). ANTARA FOTO/Maulana Surya/tom
Tokoh dalam cerita pewayangan juga hadir mendampingi seluruh kontingen peserta dalam defile upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022.

Negara peserta secara berurutan memasuki lokasi opening ceremony APG 2022, diawali dengan Brunei Darussalam.

Kemudian, tokoh Puntadewa dan Gatotkaca mendampingi Kamboja. Lalu, giliran Laos yang hadir bersama Nakula dan Sadewa, menyusul Malaysia bersama Bima dan Arjuna.

Myanmar hadir dengan didampingi Rama dan Rahwana. Susunan selanjutnya adalah Filipina yang mendapat kawalan dari Semar dan Bagong.

Kontingen Singapura menyusul bersama Gareng dan Petruk, disusul Thailand yang mendapat pendamping Srikandi dan Mustakaweni. Lalu, tokoh Puntadewa dan Gatotkaca kembali hadir mengawal Timor Leste.

Baca juga: Menilik Media Center ASEAN Para Games 2022: Nyaman, Fasilitas Lengkap

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com