Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tour of Kemala Belitong 2022, Berbagi Mimpi di Negeri Laskar Pelangi

Kompas.com - 28/07/2022, 20:10 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Tour of Kemala 2022 bukan cuma soal kegiatan bersepeda. Ajang ini juga menjadi jalan untuk berbagi mimpi di Belitung, Negeri Laskar Pelangi.

Ajang sepeda berstandar internasional, Tour of Kemala Belitong 2022, yang digagas oleh Yayasan Kemala Bhayangkari dengan dukungan penuh PB ISSI, akan digelar pada September mendatang di Belitung.

Nantinya, Tour of Kemala 2022 terbagi dalam dua kategori besar, yakni Bicycle Race (rute 125 km untuk partisipan profesional tingkat nasional/internasional) serta Bicycle Tour (rute 56 km untuk umum).

Sebuah insiatif digelar untuk menyemarakkan Tour of Kemala 2022. Yayasan Kemala Bhayangkari, selaku penggagas, mengadakan bakti sosial empat titik di Belitung, Kamis (28/7/2022).

Yayasan Kemala Bhayangkari mencoba untuk berbagi mimpi dengan masyarakat sekitar Belitung yang September nanti akan menjadi rumah Tour of Kemala Belitong 2022.

Baca juga: Tour of Kemala 2022, Ajang Sepeda Standar Internasional Siap Digelar di Belitung

Bertempat di RSUD Belitung, Kamis (28/7/2022), Yayasan Kemala Bhayangkari yang punya tekad untuk berjalan seiring dan setia mendampingi masyarakat, mengadakan layanan operasi katarak gratis untuk 20 warga.

“Bagus banget,” kata Muhammad Fadli, atlet para-balap sepeda yang turut menghadiri kegiatan bakti sosial Tour of Kemala Belitong 2022.

“Selain acara kompetisi, diikuti bakti sosial. Hal ini mendekatkan pesepeda dengan masyarakat umum,” kata wakil Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020 tersebut.

Usai dari RSUD Belitung, inisiatif bakti sosial yang menjadi pra-acara Tour of Kemala 2022 ini beralih tempat ke Panti Asuhan Muhammadiyah Putra Anda.

Baca juga: M Fadli Tetap Giat Berlatih meski Takkan Tampil di ASEAN Para Games 2022

Sebanyak 184 anak mendapatkan layanan khitan tanpa pungutan biaya. Usai dikhitan, peserta langsung dihibur oleh penampilan badut jenaka.

“Enggak sakit,” tutur Rifki siswa kelas 5 SD yang sudah disunat sembari berjalan terpincang-pincang.

“Tadi malah mau kencing,” ujar Ibu Rifki ikut menjelaskan.

Rentetan acara bakti sosial Tour of Kemala Belitong 2022 kemudian berlanjut dengan pembagian bantuan sosial di Gedung Serba Guna dan peresmian fasilitas MCK di Desa Juru Sebrang.

Salah satu anak peserta khitan massal dalam rangkaian bakti sosial Tour of Kemala Belitong 2022 di Yayasan Muhammadiyah Putra Anda, Belitung, Kamis (28/7/2022).KOMPAS.com/Sem Bagaskara Salah satu anak peserta khitan massal dalam rangkaian bakti sosial Tour of Kemala Belitong 2022 di Yayasan Muhammadiyah Putra Anda, Belitung, Kamis (28/7/2022).

Juliati Sigit Prabowo selaku Ketua Umum Bhayangkari sekaligus Ketua Pembina Yayasan Kemala Bhayangkari, hadir langsung untuk meresmikan fasilitas MCK di Desa Juru Sebrang.

Acara persemian fasilitas MCK dilengkapi dengan penyerahan bubung kepiting kepada warga Desa Juru Sebrang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com