Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN Para Games 2022: Menpora Kukuhkan Kontingen, 324 Atlet Siap Tempur

Kompas.com - 25/07/2022, 21:26 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengukuhkan kontingen Indonesia yang akan terjun pada ajang ASEAN Para Games (APG) 2022 Solo di Pendapa Balai Kota Surakarta, Senin (25/7/2022).

Indonesia selaku tuan rumah dipastikan siap terjun di multievent ASEAN Para Games 2022, ajang untuk atlet berkebutuhan khusus. 

Indonesia dipastikan akan terjun di 14 cabang olahraga. Merah Putih berkekuatan 324 atlet, 14 manajer, 83 orang pelatih.

Selain itu, ada 69 tenaga pendukung, satu chef de mission (CdM), dua wakil CdM, 16 anggota CdM, 10 psikolog, empat psikiater, enam dokter, dan 10 orang fisioterapi. Jadi, total kontingen Indonesia berjumlah 539 orang.

Baca juga: ASEAN Para Games 2022, Warga Solo Antusias Sambut Kirab Obor

Sementara itu, atlet-atlet terbaik Bumi Pertiwi juga dipastikan akan ikut serta di kejuaraan ini. 

Cabang olahraga (cabor) para-atletik memiliki atlet terbanyak, yakni Indonesia menyiapkan 78 atlet terbaiknya.

Salah satu calon pendulang medali terbanyak Indonesia, yakni para-renang, di kejuaraan ini akan menerjunkan 47 perenang terbaiknya. 

Para-tenis meja yang juga jadi andalan akan mengandalkan 41 atletnya di ajang ini.

Baca juga: ASEAN Para Games 2022, Masyarakat Padati Pawai Obor APG di Karanganyar

Sementara itu, Indonesia juga mengandalkan perolehan medali dari cabor para-bulutangkis. 

Indonesia mendaftarkan 25 atlet terbaiknya. Untuk cabor blind judo dan para-catur masing-masing cabor akan terjun dengan 18 atlet.

Di lain sisi, cabor bola voli duduk sudah menyiapkan 16 pemain yang masuk skuad. Adapun sepak bola CP akan mengandalkan skill dari 14 pemain andalannya.

Cabor para-angkat berat memang hanya mengandalkan 13 lifter di ajang ini, tetapi semuanya ditargetkan bisa menggapai emas di kejuaraan ini.

Adapun para-panahan, boccia, dan goalball, masing-masing cabor akan menerjunkan 12 atlet terbaiknya. Adapun bola basket kursi roda telah menyiapkan 10 pemain dan tenis kursi roda telah menyiapkan delapan petenis terbaiknya.

Baca juga: ASEAN Paragames 2022, 3 Cabor Ini Hanya Wajib Masing-masing Sumbang 1 Medali Emas

"Kami menargetkan menjadi juara umum, yakni minimal dapat torehan 104 medali emas. Atlet sehat semua dan siap bertanding. Siap optimal mengharumkan nama bangsa, dan mengibarkan bendera Merah Putih setinggi-tingginya,” kata Andi Herman, CdM Kontingen Indonesia di ASEAN Para Games XI 2022, dalam siaran pers yang diterima.

Seperti diketahui sebelumnya, Indonesia akan jadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Event ini akan digelar mulai 30 Juli hingga 6 Agustus 2022. 

Ada 14 cabor yang akan dipertandingkan, untuk venue juga akan digelar di beberapa titik dan di beberapa lokasi.

Mulai di Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Karanganyar, dan yang terjauh di Kota Semarang. Hampir semua venue berada di eks Karesidenan Surakarta, hanya renang yang akan digelar di Jatidiri Semarang.

"Soal kemungkinan medali sudah kami hitung. Itu dihitung berdasarkan prestasi atlet di kejuaraan nasional, internasional, try out yang diikutinya, dan tentu dengan dilihat dari persaingan atlet di cabor yang akan diikutinya," ucap Andi.

"Persaingan terberat kami di APG nanti adalah dari Thailand, tanpa maksud mengecilkan potensi negara lain tentunya. Insya Allah kami optimistis bisa menjadi juara umum,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com