Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2022, 22:10 WIB

KOMPAS.com - Australia menjadi tim pertama yang berhasil mengamankan tiket final FIBA Asia Cup 2022 seusai menang 85-76 atas sesama wakil Oseania, Selandia Baru.

Laga Australia vs Selandia Baru dalam rangkaian semifinal FIBA Asia Cup 2022 itu berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, pada Sabtu (23/7/2022).

Sebelum memetik kemenangan dan mengamankan tiket final FIBA Asia Cup 2022, Australia sempat mendapat perlawanan sengit dari Selandia Baru yang mendapat dukungan dari para penonton di Istora Senayan.

Pemain timnas basket Australia, Thon Maker mencoba mencetak skor saat bertanding melawan pemain timnas basket Selandia Baru pada laga semifinal FIBA Asia Cup 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (23/7/2022). Australia melaju ke final setelah menang dengan skor  85-76.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pemain timnas basket Australia, Thon Maker mencoba mencetak skor saat bertanding melawan pemain timnas basket Selandia Baru pada laga semifinal FIBA Asia Cup 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (23/7/2022). Australia melaju ke final setelah menang dengan skor 85-76.

Mereka lebih dulu tertinggal sebelum berbalik unggul pada pertengahan kuarter kedua. Setelah itu, Australia selalu unggul hingga memasuki kuarter keempat.

Baca juga: Hasil FIBA Asia Cup 2022: Lebanon Menang Dramatis, Yordania Gagal Susul Australia ke Final

Dalam statistik tercatat bahwa keunggulan terbesar Australia pada laga kontra Selandia Baru mencapai 16 angka.

Kendati demikian, Australia sempat tertekan hingga keunggulannya terpangkas menjadi hanya tiga poin pada kuarter keempat.

Pemain timnas basket Australia, Samuel McDaniel mencoba mencetak skor saat bertanding melawan pemain timnas basket Selandia Baru pada laga semifinal FIBA Asia Cup 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (23/7/2022). Australia melaju ke final setelah menang dengan skor  85-76.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pemain timnas basket Australia, Samuel McDaniel mencoba mencetak skor saat bertanding melawan pemain timnas basket Selandia Baru pada laga semifinal FIBA Asia Cup 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (23/7/2022). Australia melaju ke final setelah menang dengan skor 85-76.

Beruntung bagi Australia, meski diperkuat oleh pemain dengan dengan rata-rata usia yang terbilang muda, yakni 24 tahun, mereka bisa mengatasi tekanan dan menjaga keunggulan hingga laga usai.

Pemain nomor punggung 7, Thon Maker, menjadi aktor utama di balik kemenangan Australia atas Selandia Baru.

Forward berpostur 216 sentimeter itu menyumbangkan 18 angka untuk Australia.

Pemain timnas basket Australia, Mitchell McCarron mencoba mencetak skor saat bertanding melawan pemain timnas basket Selandia Baru pada laga semifinal FIBA Asia Cup 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (23/7/2022). Australia melaju ke final setelah menang dengan skor  85-76.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pemain timnas basket Australia, Mitchell McCarron mencoba mencetak skor saat bertanding melawan pemain timnas basket Selandia Baru pada laga semifinal FIBA Asia Cup 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (23/7/2022). Australia melaju ke final setelah menang dengan skor 85-76.

Di samping Thon Maker, masih ada sejumlah pemain yang juga mengambil peran penting. Mereka adalah Mitchell McCaron (13 poin), William McDowell-White (15 poin), dan Tyrese Proctor (13 poin).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+