Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fajar/Rian Juara Indonesia Masters 2022: Pujian dari Oma Gill hingga Drama Tukar Raket

Kompas.com - 12/06/2022, 18:25 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber BWF

KOMPAS.com - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses menjuarai Indonesia Masters 2022 usai memenangi laga final yang berjalan sangat menarik. Mulai dari pujian komentator BWF, Gillian Clark, hingga drama tukar raket yang dilakukan sang lawan.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil menjadi juara Indonesia Masters 2022 setelah mengalahkan ganda putra kejutan asal China, Liang Wei Keng/Wang Chang.

Liang Wei Keng/Wang Chang yang menjadi lawan Fajar/Rian pada final Indonesia Masters 2022 layak disebut pasangan kuda hitam pada turnamen bulu tangkis kategori BWF World Tour Super 500 ini.

Sebab, Liang Wei Keng/Wang Chang mampu menembus partai final Indonesia Masters 2022 meski harus berjuang dari babak kualifikasi.

Baca juga: Hasil Final Indonesia Masters 2022: Kalahkan Wakil China, Fajar/Rian Juara!

Sebelumnya, pada semifinal Indonesia Masters 2022, Liang Wei Keng/Wang Chang yang saat ini menghuni peringkat 424 dunia membuat kejutan dengan menyingkirkan ganda putra terbaik Merah Putih, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Akan tetapi, kejutan Liang Wei Keng/Wang Chang pada ajang Indonesia Masters 2022 terhenti di tangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Melakoni laga final Indonesia Masters 2022 sektor ganda putra di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Minggu (12/6/2022), Fajar/Rian berhasil menekuk Liang/Wang dua gim langsung dengan skor 21-10 dan 21-17.

Fajar/Rian yang saat ini menduduki ranking tujuh dunia membutuhkan waktu 36 menit untuk menaklukkan pasangan ganda putra muda China tersebut.

Baca juga: Fajar/Rian Juara Indonesia Masters 2022, Ini Jumlah Hadiah Uang bagi Para Pemenang

Pada gim pertama, Fajar/Rian tampil impresif dan mampu unggul dengan jarak poin sangat jauh, 21-10.

Performa apik Fajar/Rian tersebut sempat mendapat pujian dari komentator BWF, Gillian Clark, atau yang akrab disapa Oma Gill oleh penggemar bulu tangkis Indonesia.

"Awal yang brilian dari pasangan Indonesia," kata komentator bulu tangkis bersuara khas tersebut.

Fajar/Rian bermain sangat nyaman pada gim pertama. Namun, setelah itu Liang Wei Keng/Wang Chang memberikan perlawanan sengit pada gim kedua.

Liang/Wang berani lebih agresif pada awal gim kedua dan mampu memimpin 11-9 saat interval. Selanjutnya, duel sengit dengan reli-reli panjang terjadi.

Baca juga: Hasil Final Indonesia Masters 2022: XD China Juara, Ada Peran Penting Penonton Istora

Pemandangan menarik terjadi dalam kedudukan 16-14 untuk keunggulan Fajar/Rian.

Pada momen itu, Wang Chang sempat berlari keluar lapangan untuk menukar raketnya.

Diwarnai drama tukar raket oleh Wang Chang, reli 31 pukulan itu dimenangi Fajar/Rian untuk melebarkan skor menjadi 17-14.

Melalui laga sengit pada gim kedua, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akhirnya bisa menyudahi perlawanan Liang Wei Keng/Wang Chang dengan skor 21-17.

Hasil final Indonesia Masters 2022 tersebut mengantar Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto ke podium teratas pada turnamen yang digelar di rumah sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com