Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Runner Up Formula E Jakarta, Vergne Dihantui "Kutukan" Pole Position

Kompas.com - 04/06/2022, 20:06 WIB
Faishal Raihan

Penulis

Sumber Formula E

KOMPAS.com - Jean-Eric Vergne belum pernah memenangi satu pun balapan di Formula E 2022. Dia nyaris mendapatkannya pada Jakarta E-Prix sebelum digagalkan Mitch Evans.

Jean-Eric Vergne saat ini menempati peringkat kedua klasemen Formula E 2022 dengan koleksi 116 poin dari sembilan balapan.

Pebalap tim DS Techeetah itu hanya terpaut lima poin dari Stoffel Vandoorne (Mercedes-EQ) selaku pemimpin klasemen.

Meski menghuni papan atas klasemen pebalap, nyatanya Jean-Eric Vergne masih seret kemenangan pada Formula E musim ini.

Dari sembilan balapan yang telah dijalani, driver berkebangsaan Perancis itu belum pernah berdiri di podium pertama.

Baca juga: Daftar Pemenang Race Formula E 2022 hingga Jakarta E-Prix, Mitch Evans Terbanyak

Bukan tak ada kesempatan, Vergne nyaris meraih kemenangan pertamanya pada seri terbaru, yakni Jakarta E-Prix 2022, yang digelar di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022) sore WIB.

Vergne start dari urutan pertama dalam balapan yang berlangsung selama 45 menit plus satu putaran tambahan itu. 

Dia sempat melorot ke peringkat kedua saat balapan memasuki menit ke-21. Posisinya kala itu diambil alih oleh Mitch Evans (Jaguar TCS Racing).

Namun, semenit berselang, pemilik dua gelar juara dunia Formula E itu berhasil menyalip Evans untuk kembali ke urutan pertama.

Vergne tampak sanggup mempertahankan posisinya sampai akhir. Akan tetapi, dia kembali dilewati Evans ketika race masuk menit ke-39.

Baca juga: Kata Pemenang Formula E Jakarta Mitch Evans soal Balapan di Indonesia

Sempat memberi perlawanan hingga akhir, Vergne akhirnya harus puas menyelesaikan balapan Formula E Jakarta di posisi kedua, tepat di belakang Evans.

"Kutukan" pole position

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Jean-Eric Vergne adalah pole sitter Jakarta E-Prix usai menjadi yang terbaik pada sesi kualifikasi.

Saat kualifikasi, tepatnya pada babak final, Vergne memenangi persaingan dengan rekan setimnya, yakni Antonio Felix da Costa.

Waktu lap yang mengantar Vergne menjadi pebalap tercepat pada final Kualifikasi Formula E Jakarta 2022 adalah 1 menit 08,523 detik.

Baca juga: Hasil Formula E Jakarta 2022: Mitch Evans Jadi Pemenang Balapan Bersejarah di Indonesia!

Ini adalah kali ke-15 Vergne merebut pole position sepanjang kariernya di Formula E. Belum ada pebalap yang bisa menyainginya.

Khusus musim ini, Vergen sudah dua kali meraih pole position. Akan tetapi, pole position tidak menjamin Jean-Eric Vergne menjadi pemenang balapan.

Sebelum menjadi runner-up di Jakarta E-Prix, Vergne juga gagal meraup kemenangan di seri kelima, Rome E-Prix 2022, Italia, pada 10 April lalu, meski start terdepan.

Saat itu, Vergne memulai race dari urutan pertama, tetapi finis di peringkat kedua. Pebalap yang mengalahkannya lagi-lagi adalah Mitch Evans.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Formula E
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com