SEA Games 2021 Resmi Berakhir, Vietnam Serahkan Estafet Tuan Rumah ke Kamboja

Kompas.com - 23/05/2022, 22:33 WIB

KOMPAS.com - SEA Games 2021 Vietnam resmi berakhir. Closing ceremony SEA Games 2021 dilangsungkan di Vietnam Asian Indoor Game, Hanoi, Vietnam, Senin (23/5/2022) malam WIB.

Dilansir dari Antara, upacara penutupan SEA Games 2021 dibuka dengan sejumlah penari yang tampil menggunakan pakaian tradisional Vietnam, Ao Dai. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan parade bendera 11 negara yang berpartisipasi dimulai dari Brunei Darussalam dan ditutup dengan Vietnam. 

Selain itu, 40 orang berkostum maskot SEA Games 2021 juga tampil dengan masing-masing membawa papan bertuliskan nama cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. 

Baca juga: SEA Games 2021: Dayung dan Menembak Sumbang Emas Terbanyak untuk Indonesia

Dalam upacara penutupan juga dilakukan penyerahan bendera SEA Games Federation dari Vietnam ke Kamboja yang berstatus sebagai tuan rumah penyelenggara SEA Games 2023. 

Prosesi itu didahului dengan penurunan bendera SEA Games Federation, lalu perwakilan atlet Vietnam membawa bendera bergambar 11 cincin itu kepada Ketua Komite Olimpiade Vietnam Nguyen Van Hung. 

Selanjutnya, Nguyen Van Hung menyerahkan bendera SEA Games Federation kepada Ketua Komite Olimpiade Kamboja Khon Tong. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Kamboja "Nokor Reach". 

"SEA Games merupakan jembatan pertemanan untuk mengatasi tantangan bersama, di mana tuan rumah dapat mempromosikan negaranya yang akan digelar di negara indah dan kaya budaya Kamboja," kata pembawa acara. 

Baca juga: Klasemen Akhir Medali SEA Games 2021: Indonesia Ketiga, Vietnam Juara Umum

Adapun Kamboja finis di peringkat kedelapan klasemen medali SEA Games 2021 dengan raihan 63 medali, dari jumlah 9 emas, 13 perak, dan 41 perunggu. 

Sementara itu, tuan rumah Vietnam menjadi juara umum dengan total perolehan medali 446 keping. Rinciannya adalah 205 emas, 125 perak, dan 116 perunggu. 

Kemudian disusul Thailand yang berada di urutan kedua dengan 331 medali (92 emas, 103 perak, 136 perunggu) dan Indonesia di posisi ketiga dengan raihan 241 medali yaitu 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.