Hasil F1 GP Spanyol 2022: Verstappen Hat-trick, Leclerc Sial, Hamilton...

Kompas.com - 22/05/2022, 22:01 WIB

KOMPAS.com - Max Verstappen berhasil memenangi balapan Formula 1 (F1) GP Spanyol 2022. Sementara itu, Charles Leclerc mengalami nasib sial dan Lewis Hamilton harus puas finis di urutan kelima.

Grand Prix (GP) Spanyol yang merupakan seri keenam dalam kalender F1 musim ini digelar di Barcelona-Catalunya, Montmelo, pada Minggu (22/5/2022) malam WIB.

Pada sesi kualifikasi, Charles Leclerc dari tim Ferrari tampil sebagai pebalap tercepat dan berhak menempati pole poistion.

Di belakang Leclerc, ada Max Verstappen (Red Bull Racing) yang menempati posisi start kedua. Sementara itu, rekan setim Leclerc yakni Carlos Sainz memulai balapan dari grid ketiga.

Baca juga: Hasil F1 GP Emilia Romagna: Verstappen Berjaya, Red Bull Dominasi 2 Besar

Ulasan Balapan

Balapan F1 GP Spanyol baru bergulir satu lap, langsung terjadi kontak antara Kevin Magnussen dan Lewis Hamilton di tikungan 4. Akibatnya, Magnussen tergelincir ke gravel, sedangkan Hamilton harus masuk pit karena mobilnya mengalami kerusakan.

Hingga F1 Spanyol 2022 memasuki lima putaran, Charles Leclerc mampu memimpin lomba, disusul Max Verstappen lalu George Russell yang merangsek ke urutan tiga.

Tikungan 4 Sirkuit Barcelona-Catalunya kembali menghadirkan petaka. Kali ini, Verstappen yang meluncur ke gravel pada lap ke-9. Alhasil, pebalap asal Belanda itu turun ke posisi empat.

Pada lap ke-22, Leclerc masuk pit lalu kembali ke trek dengan keunggulan lima detik atas pebalap di belakangnya.

Baca juga: Hasil F1 Grand Prix Miami: Asapi Leclerc, Verstappen Menangi Balapan Bersejarah

Namun, bencana menghampiri Charles Leclerc pada lap ke-27. Mobilnya kehilangan tenaga sehingga ia harus keluar dari balapan.

"Tidak, tidak, tidak! Apa yang terjadi?" ujar Leclerc via radio.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber F1
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.