Kompas.com - 22/05/2022, 13:40 WIB

KOMPAS.com - Angkat besi merupakan salah satu cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di SEA Games 2021 Vietnam.

Lifter Indonesia yang tampil di SEA Games 2021 sejauh ini sudah menyumbang tiga medali emas.

Tiga medali emas yang diperoleh Indonesia dari cabor angkat besi berhasil dipersembahkan oleh Eko Yuli Irawan, Rahmat Erwin Abdullah, dan terbaru Muhammad Zul Ilmi.

Eko Yuli Irawan raih medali emas angkat besi SEA Games 2021 dari nomor 61 kg putra setelah mencatatkan total angkatan 290kg, dengan rincian snatch 135 kg dan clean and jerk 155 kg.

Baca juga: SEA Games 2021, Lifter Muhammad Zul Ilmi Genapkan Medali Emas Indonesia Jadi 60

Sementara itu, Rahmat Erwin Abdullah berhak atas medali emas angkat besi kelas 73 kg putra usai membukukan total angkatan 345 kg (snatch 155 kg dan clean and jerk 190 kg).

Adapun Muhammad Zul Ilmi raih emas kelas 89 kg putra setelah mengumpulkan total angkatan 337 kg (snatch 150 kg dan clean and jerk 187).

Apa Arti Snatch dan Clean and Jerk pada Angkat Besi?

Dalam olahraga angkat besi, ada dua jenis angkatan yang sering dilombakan seperti di ajang multievent. Dua jenis angkatan itu adalah snatch dan clean and jerk.

Apa arti snatch dalam angkat besi? Dikutip dari situs International Weightlifting Federation (IWF), snatch adalah jenis angkatan langsung tanpa jeda, atau pengangkatan beban (barbel) yang terkontrol dan seimbang dari lantai ke posisi di atas kepala dalam satu gerakan.

Baca juga: Jadwal SEA Games 2021: Aksi Nurul Akmal hingga Jaminan Emas di Cabor Badminton

Sementara clean and jerk justru kebalikan dari snatch. Clean and jerk pada angkat besi adalah pengangkatan beban dalam dua tahap.

Pertama mengangkat barbel dari lantai sampai batas dada dengan posisi jongkok.

Setelah jeda sebentar untuk mengambil ancang-ancang, atlet kemudian mengangkat barbel sampai kedua tangan lurus di atas kepala, dengan posisi berdiri sempurna beberapa detik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber IWF
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.