Kompas.com - 21/05/2022, 12:16 WIB

KOMPAS.com - Lifter Rahmat Erwin Abdullah berhasil mempersembahkan medali emas cabang olahraga (cabor) angkat besi kelas 73 kg di ajang SEA Games 2021 Vietnam. 

Pertandingan final cabor angkat besi kelas 73 kg digelar di Hanoi Sports Training and Competition Center, Sabtu (21/5/2022). 

Rahmat Erwin Abdullah berhak atas medali emas angkat besi kelas 73 kg setelah mencatatkan total angkatan 345 kg dengan rincian 155 kg snatch dan 190 kg clean and jerk. 

Atlet kelahiran tahun 2000 itu mengalahkan Anucha Doungsri (Thailand) dan Muhammad Erry Hidayat (Malaysia) yang berurutan meraih medali perak serta perunggu.

Baca juga: SEA Games 2021: Eko Yuli Irawan Pertahankan Medali Emas Angkat Besi 61 Kg Putra

Anucha Doungsri mencatatkan total angkatan 321 kg, sedangkan Muhammad Erry Hidayat membuat angkatan 316 kg. 

Rahmat Erwin Abdullah mencatatkan rekor SEA Games setelah berhasil mengangkat berat sebesar 155 kg pada angkatan ketiga snatch. 

Dengan keberhasilan itu, Rahmat sudah unggul atas lawan-lawannya. Ia pun langsung mengungguli rekan-rekannya pada angkatan pertama clean and jerk dengan 180 kg. 

Jumlah itu membuat Rahmat kembali memecahkan rekor. Sebelumnya, angkatan terberat di clean and jerk adalah 177 kg. 

Rekor 180 kg clean and jerk milik Rahmat hanya bertahan beberapa menit saat Anucha Doungsri berhasil mengangkat 181 kg pada angkatan keduanya. 

Baca juga: Kata Eko Yuli Irawan Usai Raih Emas SEA Games 2021: Kadang Saya Minder Paling Tua...

Akan tetapi, Rahmat kembali mengukir rekor setelah sukses mengangkat beban seberat 190 kg pada angkatan kedua. 

Pada angkatan ketiga, Rahmat menambah beban menjadi 200 kg. Namun, ia tak berhasil menyelesaikan misi terakhirnya tersebut. 

Meski begitu, Rahmat tetap berhak atas emas SEA Games 2021. Ini juga memastikan Rahmat Erwin Abdullah mempertahankan medali emas yang diraih pada SEA Games 2019 di Filipina. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.