Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Pelatih Timnas Malaysia soal Semifinal Sepak Bola SEA Games 2021

Kompas.com - 16/05/2022, 19:40 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber Zing

KOMPAS.com - Pelatih timnas U23 Malaysia, Brad Maloney, menyebut semifinal sepak bola putra SEA Games 2021 tidak akan mudah. Hal ini diungkapkan Maloney usai timnya ditahan imbang oleh Kamboja.

Malaysia harus puas bermain imbang 2-2 dengan Kamboja pada matchday terakhir Grup B sepak bola putra SEA Games 2021 Vietnam.

Bertanding di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, pada Senin (16/5/2022) sore WIB, Malaysia dua kali tertinggal dari Kamboja lewat penalti Choun Chanchav pada menit ke-45+2 dan gol Narong Kakada menit ke-62.

Namun, dua kali pula Malaysia bisa membalas ketertinggalan dari Kamboja. Ujung tombak Harimau Muda, Hadi Fayyadh Razak, tampil sebagai penyelamat timnya.

Hadi Fayyadh Razak mencetak dua gol balasan, via titik putih pada menit ke-51 dan melalui sebuah sepakan akurat dari dalam kotak penalti menit ke-67.

Baca juga: Hasil SEA Games 2021: Malaysia Tetap di Puncak meski Imbang, Berpeluang Jumpa Indonesia di Semifinal

Meski ditahan imbang oleh Kamboja pada matchday terakhir, Malaysia yang sudah pasti lolos ke semifinal tetap memuncaki klasemen SEA Games 2021 Grup B.

Malaysia bertengger di puncak klasemen Grup B dengan nilai 8 dari empat pertandingan, unggul dua angka atas Thailand yang berada di peringkat kedua.

Jika Thailand bisa menang atas Laos pada laga pamungkas Grup B, malam ini pukul 19.00 WIB, mereka bakal merebut posisi puncak klasemen dari Malaysia.

Apabila itu terjadi, Thailand selaku juara Grup B bakal melawan Indonesia (runner up Grup A) di semifinal, sedangkan Malaysia akan menantang tuan rumah Vietnam yang tampil sebagai juara Grup A.

Baca juga: Saran Kurniawan DY kepada Timnas Indonesia untuk Hadapi Semifinal SEA Games 2021

Soal kans timnya di semifinal SEA Games 2021, Brad Maloney mengatakan bahwa laga di empat besar tidak akan mudah.

"Pastinya kami ingin menjuarai grup, tapi inilah sepak bola," kata Maloney setelah laga kontra Kamboja, dikutip dari Zing News.

"Semifinal tidak akan mudah ketika kami bertemu tim top. Timnas U23 Vietnam memiliki kualitas yang bagus. Jika ingin memenangkan medali emas, kami harus mengalahkan setiap lawan," imbuh juru taktik asal Australia tersebut.

Dari kubu Kamboja, pelatih Ryu Hirose tak terlalu kecewa dengan hasil yang diraih timnya pada SEA Games 2021.

Baca juga: Jadi Sumber Emas Indonesia, Kenapa Gim Free Fire Bisa Masuk SEA Games 2021?

Timnas U23 Kamboja yang membukukan satu kemenangan, satu imbang, dan dua kekalahan mengakhiri kiprah di SEA Games 2021 dengan menempati peringkat keempat klasemen Grup B.

Satu-satunya kemenangan Kamboja di SEA Games kali ini didapat pada laga perdana ketika mereka menang 4-1 atas Laos.

"Kami mengawalinya secara baik dengan mengalahkan Laos. Lalu, kami kalah dari Singapura dan Thailand karena persiapan yang buruk dan lelah secara fisik. Namun, hari ini kami bermain baik," kata Hirose.

Pelatih asal Jepang itu pun optimistis timnas sepak bola Kamboja akan meraih hasil lebih baik pada SEA Games 2023 di rumah sendiri.

"Saya yakin Kamboja akan membuat langkah hebat pada SEA Games Ke-32. Namun, kami harus meningkatkan kekuatan fisik dan kemampuan penyelesaian akhir," ucao Ryu Hirose menegaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Zing
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com