Kompas.com - 17/04/2022, 21:12 WIB

COLOMBO, KOMPAS.com - Sri Lanka mengalami kondisi bangkrut lantaran pemerintah mengalami gagal bayar atas utang-utangnya.

Kondisi ini membuat negara pulau di depan India itu terlanda krisis ekonomi.

Krisis ekonomi lantaran gagal bayar ini menjadi yang terburuk sejak Sri Lanka merdeka pada 1948.

Rakyat Sri Lanka kemudian melakukan unjuk rasa protes kepada Presiden Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa.

Baca juga: Sri Lanka Bangkrut dan Keprihatinan Mantan Juara Dunia Kriket

Mereka juga menuntut agar Presiden Gotabaya Rajapaksa turun dari jabatannya.

Unjuk rasa sudah berlangsung sejak pekan lalu.

Salah satu demonstrasi besar terjadi pada Jumat (15/4/2022) di depan istana kepresidenan Sri Lanka di ibu kota, Colombo.

Media-media melaporkan bahwa di antara para pengunjung rasa yang meneriakkan agar Presiden Gotabaya mundur adalah bintang-bintang kriket Sri Lanka.

Pejabat bandara, anggota staf, dan personel keamanan berdiri di samping pesawat SriLankan Airlines yang membawa 33 warga negara Sri Lanka yang dievakuasi dari kota Wuhan di China setelah mendarat di Bandara Internasional Mattala Rajapaksa di Mattala pada 1 Februari 2020. Virus yang mirip dengan SARS patogen telah membunuh 259 orang di China dan menyebar ke seluruh dunia sejak muncul di sebuah pasar di pusat kota Wuhan di China. STR Pejabat bandara, anggota staf, dan personel keamanan berdiri di samping pesawat SriLankan Airlines yang membawa 33 warga negara Sri Lanka yang dievakuasi dari kota Wuhan di China setelah mendarat di Bandara Internasional Mattala Rajapaksa di Mattala pada 1 Februari 2020. Virus yang mirip dengan SARS patogen telah membunuh 259 orang di China dan menyebar ke seluruh dunia sejak muncul di sebuah pasar di pusat kota Wuhan di China.

Favorit

Protes mahasiswa Sri Lanka memblokir jalan raya menuntut pemerintah mundur selama jam malam di Colombo, Sri Lanka, Minggu, 3 April 2022.AP PHOTO/ERANGA JAYAWARDENA Protes mahasiswa Sri Lanka memblokir jalan raya menuntut pemerintah mundur selama jam malam di Colombo, Sri Lanka, Minggu, 3 April 2022.

Olahraga kriket menjadi olahraga favorit di Sri Lanka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.