Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Kejuaraan Dunia Esports 2022, PBESI Bertemu IESF

Kompas.com - 12/03/2022, 04:57 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

KOMPAS.com - Ketua Harian Pengurus Besar Esport Indonesia (PBESI) Bambang Sunarwibowo menerima kunjungan dari Sekjen International Esports Federation (IESF), Boban Totovsky. 

Dalam pertemuan yang berlangsung di Jakarta, Jumat (11/3/2022) itu, Bambang Sunarwibowo menjelaskan desain besar Kejuaraan Esports 2022 yang akan berlangsung di Bali pada November mendatang.

Demi kesuksesan Kejuaraan Dunia Esports 2022, PBESI telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) hingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Selain itu, PBESI  juga berkoordinasi dengan berbagai organisasi dan komunitas esports nasional guna menentukan berbagai kebutuhan, seperti pemilihan game yang akan dipertandingkan, kesiapan lokasi dan akomodasi, serta penyiapan infrastruktur jaringan untuk kelancaran penyelenggaraan kejuaraan.

Baca juga: Menpora Pacu Semangat Atlet Esport Indonesia Jelang SEA Games di Vietnam

"Kami menyampaikan apresiasi kepada IESF yang telah memberikan kepercayaan kepada Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan akbar skala dunia ini," kata Bambang, dalam siaran pers yang diterima.

"Kejuaraan Dunia ini tidak hanya penting untuk pengembangan dunia esports Tanah Air, tetapi juga penting dalam mengakselerasi kembali roda perekonomian nasional dari sektor industri kreatif digital dan pariwisata," kata dia.

Adapun Sekjen IESF Boban Totovsky menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas semangat, keseriusan, dan komitmen yang ditunjukkan PBESI. Boban yakin Indonesia akan sukses menggelar kejuaran dunia Esports 2022. 

"Semangat PBESI menguatkan optimisme IESF akan terwujudnya penyelenggaran Kejuaraan Dunia Esports yang sukses. IESF akan terus memberikan dukungan kepada PBESI," kata Boban.

Baca juga: Berkunjung ke Pelatnas Esport, Sandiaga Uno Sampaikan Pesan Penting

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari, mengatakan, Kejuaraan Dunia Esports 2022 serta keseluruhan Desain Besar PBESI memiliki arti penting bagi peningkatan kompetensi olahraga nasional, khususnya esports, di kancah internasional.

"Program-program pemberdayaan ekosistem lainnya yang dijalankan PBESI, membangun keyakinan kami akan kontribusi dan prestasi kelas dunia esports Indonesia yang akan terus meningkat di masa mendatang," ucap dia. 

Kejuaraan dunia Esports World Championship 2022, yang dijadwalkan digelar di Bali, akan diikuti oleh 120 negara dengan lebih dari 1 juta peserta. 

PBESI menargetkan minimal Indonesia bisa meraih tiga medali emas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com