Kompas.com - 25/01/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat bermain softball adalah cara memegang tongkat pemukul atau bat. Lantas, apa saja posisi pegangan tongkat pemukul pada permainan softball?

Softball merupakan jenis permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua tim atau regu secara berlawanan. Pada permainan softball, ada regu pemukul dan regu penjaga.

Pada dasarnya, softball adalah jenis permainan bola kecil yang memiliki teknik dasar seperti permainan kasti.

Softball dan kasti memiliki teknik dasar yang sama, yakni melempar, menangkap, memukul, dan berlari.

Namun, antara softball dan kasti memiliki sejumlah perbedaan. Salah satu perbedaan softball dengan kasti terletak pada ukuran tongkat pemukul yang digunakan.

Baca juga: Tips Bermain Softball: Prinsip yang Harus Diperhatikan Pemukul Bola

Dikutip dari buku Softball dan Baseball: Teori dan Praktik (2019) karya Anggi Setia Lengkana dan Rana Gustian Nugraha, tongkat pemukul softball yang disebut bat berbentuk bulat dan terbuat dari kayu atau balok, kayu berlapis, atau aluminium dengan diameter 5-6 cm.

Kemudian, panjang bat softball tidak boleh lebih dari 87 cm dan ebrat tidak lebih dari 1100 gram. Selain itu, tempat pegangan harus dibungkus dengan balutan.

Adapun, tongkat pemukul bola dalam permainan kasti harus terbuat dari kayu, berbentuk stik pemukul dengan panjang 50-60 cm. Kemudian, diameter bat kasti sekitar 5 cm.

Macam-macam Posisi Pegangan Softball

Seorang pemukul (batter) harus menguasai teknik memegang tongkat pemukul secara baik. Sebab, pegangan yang benar akan berpengaruh terhadap hasil pukulan.

Ilustrasi cara memegang alat pemukul dalam permainan softballkemdikbud Ilustrasi cara memegang alat pemukul dalam permainan softball

Baca juga: Taktik Hit and Run dalam Softball

Posisi tangan yang benar saat memegang tongkat softball adalah seperti orang bersalaman. Tongkat pemukul dipegang secara erat, tetapi semua jari tetap dalam kondisi rileks.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.