Kompas.com - 24/01/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Rudy Eka Priyambada termasuk pelatih generasi baru di Indonesia. Juru taktik berusia 39 tahun itu berjasa membawa timnas putri Indonesia lolos ke Piala Asia Wanita 2022.

Timnas putri Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia Wanita 2022 yang digelar di India, 20 Januari-6 Februari, usai mengalahkan Singapura pada babak kualifikasi.

Adapun, Singapura menjadi satu-satunya lawan Indonesia pada kualifikasi Grup C setelah Irak dan Korea Utara mengundurkan diri.

Bertanding dua kali di Dushanbe, Tajikistan, pada akhir September tahun lalu, Indonesia sukses menaklukkan Singapura dengan agregat 2-0.

Baca juga: Sepak Terjang Timnas Putri Indonesia, Butuh Kompetisi agar Tak Jadi Anak Tiri

Kemenangan atas Singapura membuat timnas putri Indonesia lolos ke Piala Asia Wanita untuk kali pertama setelah 33 tahun.

Di balik keberhasilan timnas putri Indonesia lolos ke Piala Asia Wanita 2022, ada peran Rudy Eka Priyambada yang menduduki kursi pelatih kepala.

Misi Lain Rudy Eka di Timnas Putri Indonesia

Pengalaman Rudy Eka Priyambada di bidang kepelatihan terbilang sangat lengkap.

Pria yang kini memegang lisensi kepelatihan UEFA Pro itu pernah menjadi analis di timnas U19 Indonesia, asisten pelatih Mitra Kukar, dan pelatih fisik Persebaya Surabaya.

Rudy Eka juga pernah berkarier di luar negeri ketika menerima tawaran menjadi asisten pelatih klub Liga Bahrain, Al Najma Club.

Untuk kursi pelatih kepala, sosok kelahiran Jakarta itu pernah membesut Celebest FC dan PS TIRA.

Rudy Eka Priyambada ketika melatih klub PS TIRA. Rudy Eka kini melatih timnas putri Indonesia dan berperan membawa Garuda Pertiwi lolos ke Piala Asia Wanita 2022.GONANG SUSATYO/BOLASPORT.COM Rudy Eka Priyambada ketika melatih klub PS TIRA. Rudy Eka kini melatih timnas putri Indonesia dan berperan membawa Garuda Pertiwi lolos ke Piala Asia Wanita 2022.

Baca juga: Timnas Putri Indonesia Vs Thailand, Lawan Tebar Ancaman untuk Garuda Pertiwi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.