Kompas.com - 23/01/2022, 01:00 WIB

KOMPAS.com - Guling belakang dapat dilakukan dengan awalan berdiri. Salah satu hal yang harus diperhatikan saat melakukan guling depan awalan berdiri adalah posisi berat badan.

Guling belakang atau back roll adalah salah satu jenis gerakan dalam senam lantai. Guling belakang termasuk senam lantai tanpa alat.

Dikutip dari modul pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (2020) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pengertian guling belakang adalah gerakan menggulingkan badan ke belakang dengan posisi badan tetap harus membulat.

Maksud dari posisi badan tetap harus membulat adalah kaki dilipat, lutut tetap melekat di dada, dan kepala ditundukkan sampai dagu melekat di dada.

Baca juga: Urutan Melakukan Guling Belakang

Guling belakang merupakan kelompok dari senam lantai yang bergerak ke belakang atau dinamis.

Dalam modul pembelajaran Atraksi Indah Senam Lantai (2020), dijelaskan bahwa ada tiga cara melakukan guling belakang yaitu dengan awalan berdiri, jongkok, dan merebah.

Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai guling belakang dengan awalan berdiri.

Guling Belakang Awalan Berdiri

Cara melakukan guling belakang dengan awalan berdiri adalah sebagai berikut.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Melakukan Guling Belakang

1. Sikap awal guling belakang awalan berdiri adalah berdiri tegak dengan kedua kaki rapat. Sementara, posisi kedua lengan di samping badan.

2. Arah sikap berdiri adalah kebalikan dari jalur berguling.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.