Kompas.com - 20/01/2022, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Kartu kuning dan kartu merah adalah bagian dari pertandingan sepak bola. Apa arti dari kartu kuning dan kartu merah dalam permainan sepak bola?

Klub Liga Spanyol, Valencia, harus menyelesaikan pertandingan melawan Sevilla, Kamis (20/1/2022) dini hari WIB, dengan 10 pemain.

Pemain belakang Valencia, Jose Gaya, harus meninggalkan lapangan setelah mendapatkan kartu kuning kedua yang berujung kartu merah pada menit ke-89.

Sebelumnya, Jose Gaya telah diganjar kartu kuning pertama oleh wasit pada menit ke-45.

Baca juga: Sejarah Kartu Merah dan Kuning dalam Sepak Bola

Arti Kartu Kuning dan Kartu Merah dalam Sepak Bola

Ada berbagai jenis hukuman dalam permainan sepak bola, mulai dari peringatan, tendangan bebas, tendangan penalti, hingga kartu kuning dan kartu merah.

Dalam kasus Jose Gaya di atas tadi, sang pemain mendapatkan dua kali kartu kuning dalam satu pertandingan sehingga ia diberi kartu merah.

Kartu kuning artinya adalah mendapatkan sanksi ringan atau peringatan kepada pemain yang melakukan pelanggaran untuk berhati-hati agar tidak membuat kesalahan lagi dalam pertandingan.

Sementara itu, kartu merah artinya pemain yang melakukan pelanggaran mendapatkan sanksi berat yaitu harus keluar dari lapangan.

Baca juga: Apakah Kartu Kuning dan Merah Berimbas pada Laga Selanjutnya?

Bilamana Seorang Pemain Memperoleh Kartu Kuning dan Kartu Merah?

Bek Manchester City Kyle Walker (kedua dari kiri) dikartu merah oleh wasit Sandro Schaerer pada pertandingan sepak bola Liga Champions RB Leipzig v Man City di Leipzig, Jerman pada 7 Desember 2021AFP/RONNY HARTMANN Bek Manchester City Kyle Walker (kedua dari kiri) dikartu merah oleh wasit Sandro Schaerer pada pertandingan sepak bola Liga Champions RB Leipzig v Man City di Leipzig, Jerman pada 7 Desember 2021

Baca juga: Coppa Italia: Sejarah dan Daftar Juara

Wasit akan memberikan kartu dengan mempertimbangkan jenis dan level pelanggaran yang dilakukan pemain.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.