Kompas.com - 20/01/2022, 19:00 WIB
Ilustrasi gerak berirama gerakan kombinasi langkah kaki dan ayunan lengan. Sumber gambar: Tangkapan layar modul Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan KebudayaanIlustrasi gerak berirama gerakan kombinasi langkah kaki dan ayunan lengan. Sumber gambar: Tangkapan layar modul Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

KOMPAS.com - Dalam senam irama terdapat kombinasi gerak melangkahkan kaki dan mengayunkan tangan. Lantas, apa tujuan kombinasi gerak melangkah dan mengayun?

Senam irama atau disebut juga dengan senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan iringan musik atau lagu.

Jenis senam ini dilakukan banyak orang karena memiliki manfaat bagi kebugaran jasmani dan kesehatan tubuh.

Dikutip dari modul pembelajaran Bugar dengan Gerak Berirama (2020) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, aktivitas ritmik atau senam irama melibatkan seluruh anggota tubuh untuk bergerak secara berulang-ulang dengan irama atau hitungan yang dikehendaki.

Baca juga: 3 Pelopor Aliran Senam Irama

Saat melakukan senam irama, anggota tubuh seperti kepala, lengan, dan juga kaki dituntut untuk bergerak selaras sesuai irama musik yang mengiringi.

Senam irama memiliki enam unsur yaitu kelentukan, keseimbangan, kontinuitas, keluwesan tubuh, irama, dan fleksibilitas.

Adapun, urutan gerak senam irama dimulai dengan pemanasan, dilanjutkan dengan gerakan inti, lalu diakhiri dengan gerakan pendinginan.

Gerakan inti dalam senam irama merupakan gerakan-gerakan dasar yang wajib dikuasai oleh pesenam.

Baca juga: Gerak Langkah Keseimbangan dalam Senam Irama

Ilustrasi gerak berirama dengan gerakan ayunan lengan.kemdikbud Ilustrasi gerak berirama dengan gerakan ayunan lengan.

Baca juga: Apa yang Dinilai dalam Perlombaan Senam Irama?

Dalam melakukan gerakan inti, pesenam harus bergerak sesuai dengan irama yang digunakan sebagai pengiring. Kemampuan ini disebut dengan musikalitas.

Contoh gerakan inti dalam senam irama adalah gerak meluruskan persendian, gerak melangkahkan kaki, dan gerak mengayunkan lengan.

Tujuan kombinasi gerak melangkah dan mengayun adalah untuk memperkuat otot lengan dan kaki.

Selain itu, kombinasi gerak melangkah dang mengayun yang dilakukan sesuai irama lagu dapat membantu meningkatkan kebugaran jasmani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.