Kompas.com - 07/01/2022, 23:23 WIB
Adik sekaligus penasihat Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong, sampai di stasiun kereta Jinbu di Pyeongchang, Korea Selatan, pada 9 Februari 2018. Dia menjadi bagian dari delegasi Korea Utara dalam upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang. AP PHOTO/Lee Jin-manAdik sekaligus penasihat Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong, sampai di stasiun kereta Jinbu di Pyeongchang, Korea Selatan, pada 9 Februari 2018. Dia menjadi bagian dari delegasi Korea Utara dalam upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang.

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara (Korut) melalui komite Olimpiadenya melayangkan surat pemberitahuan berkenaan dengan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Korut dalam informasi terkininya, Jumat (7/1/2022) menyatakan tidak ikut dalam perhelatan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Olimpiade Beijing tersebut berlangsung 4-20 Februari 2022.

Pengunjung Chongli, salah satu tempat Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, melewati logo Olimpiade di Chongli di Provinsi Hebei, China utara pada 13 Agustus 2020.AP PHOTO/NG HAN GUAN Pengunjung Chongli, salah satu tempat Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, melewati logo Olimpiade di Chongli di Provinsi Hebei, China utara pada 13 Agustus 2020.

Baca juga: Ternyata, Ini Nyawa Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Korut menyebut bahwa kebijakan ini diambil lantaran pandemi Covid-19 yang masih melanda negara tertutup itu.

Korut juga menyebut bahwa pihaknya tidak ambil bagian dalam Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Alasan pandemi juga menjadi pertimbangan Korut tidak ikut serta pada Olimpiade Tokyo 2020.

Beijing Daxing International Airportaerotime.aero Beijing Daxing International Airport

Lantaran kebijakan itu, Komite Olimpiade Internasional (IOC) melarang Korut kut serta dalam Olimpiade.

"Korut gagal memenuhi persyaratan mengirimkan atlet-atletnya ke Olimpiade," kata kebijakan IOC pada September 2021.

Namun demikian, kebijakan itu tak berlangsung lama.

Pengunjung mengambil foto patung figure skater dengan cincin Olimpiade di sebuah taman dekat markas besar Komite Penyelenggara Olimpiade Beijing (BOCOG) di Beijing, Kamis, 18 November 2021.VOA INDONESIA Pengunjung mengambil foto patung figure skater dengan cincin Olimpiade di sebuah taman dekat markas besar Komite Penyelenggara Olimpiade Beijing (BOCOG) di Beijing, Kamis, 18 November 2021.

IOC membuka kembali pintu bagi Korut.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Xinhuanet
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.