Kompas.com - 07/01/2022, 22:12 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Komite Olimpiade Internasional (IOC) ternyata pernah melarang Korea Utara (Korut) berpartisipasi atau ikut di Olimpiade.

Kebijakan itu diambil IOC lantaran Korut dianggap gagal memenuhi kewajiban mengirimkan atlet-atletnya ke Olimpiade Tokyo 2020.

Kebijakan itu diambil IOC pada September 2021.

Dalam foto bertanggal 9 Februari 2018, Kim Yo Jong, adik sekaligus penasihat Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, sampai di upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan.AP Photo/Patrick Semansky Dalam foto bertanggal 9 Februari 2018, Kim Yo Jong, adik sekaligus penasihat Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, sampai di upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan.

Baca juga: Korut Nyatakan Tak Ikut Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Korut dalam informasi terkininya, Jumat (7/1/2022) menyatakan tidak ikut dalam perhelatan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Olimpiade Beijing tersebut berlangsung 4-20 Februari 2022.

Para peserta mengenakan masker duduk di dekat logo estafet obor Olimpiade untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di Universitas Pos dan Komunikasi Beijing, Kamis (9/12/2021). AP PHOTO/MARK SCHIEFELBEIN Para peserta mengenakan masker duduk di dekat logo estafet obor Olimpiade untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di Universitas Pos dan Komunikasi Beijing, Kamis (9/12/2021).

Korut menyebut bahwa kebijakan ini diambil lantaran pandemi Covid-19 yang masih melanda negara tertutup itu.

Korut juga menyebut bahwa pihaknya tidak ambil bagian dalam Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Alasan pandemi juga menjadi pertimbangan Korut tidak ikut serta pada Olimpiade Tokyo 2020.

Lonjakan kasus Covid-19 di China menimbulkan keraguan terhadap pemerintah China dalam mempertahankan kasus nol Covid menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.GETTY IMAGES via BBC INDONESIA Lonjakan kasus Covid-19 di China menimbulkan keraguan terhadap pemerintah China dalam mempertahankan kasus nol Covid menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Lantaran kebijakan itu, Komite Olimpiade Internasional (IOC) melarang Korut kut serta dalam Olimpiade.

"Korut gagal memenuhi persyaratan mengirimkan atlet-atletnya ke Olimpiade," kata kebijakan IOC pada September 2021.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Xinhuanet
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.