Profil Loh Kean Yew, Anak Didik Pelatih Indonesia yang Ukir Sejarah bagi Singapura

Kompas.com - Diperbarui 30/01/2022, 09:50 WIB
Peraih medali emas Loh Kean Yew dari Singapura merayakan di podium setelah memenangkan pertandingan bulu tangkis final tunggal putra Kejuaraan Dunia BWF di Huelva, pada 19 Desember 2021. JOSE JORDANPeraih medali emas Loh Kean Yew dari Singapura merayakan di podium setelah memenangkan pertandingan bulu tangkis final tunggal putra Kejuaraan Dunia BWF di Huelva, pada 19 Desember 2021.


KOMPAS.com - Pebulu tangkis tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew, mengukir sejarah ketika tampil pada Kejuaraan Dunia BWF atau BWF World Championships 2021.

Berstatus non-unggulan, pemain kelahiran Malaysia tersebut berhasil menembus final BWF World Championships 2021.

Bahkan, Loh Kean Yew berhasil meraih gelar juaera BWF World Championships 2021 sektor tunggal putra.

Alhasil, pemain berusia 24 tahun itu pun mencetak sejarah sebagai pebulu tangkis pertama dari Singapura yang berhasil menjadi juara dunia.

Dalam laga final yang digelar di Huelva, Spanyol, Loh Kean Yew mengalahkan wakil India Kidambi Srikanth dalam dua gim langsung dengan skor 21-15, 22-20.

Baca juga: Berapa Jumlah Bulu pada Shuttlecock?

Tidak ada yang mengira Loh Kean Yew bisa mencapai podium tertinggi pada salah satu hajatan paling bergengsi di bulu tangkis itu.

Pada Kejuaraan Dunia BWF 2021, tidak banyak yang memperhitungkan Loh Kean Yew. Bahkan setelah ia memenangi Hylo Open 2021 dan menjadi runner-up Indonesia Open 2021 pada November lalu.

Namun, Loh Kean Yew berhasil membuktikannya dengan menjadi juara dunia bulu tangkis.

Perjalanannya untuk menjadi kampiun pun tidak mudah. Sebab, ia sudah harus melawan Viktor Axelsen (Denmark) pada babak pertama, lalu ia harus melawan pemain papan atas lain, Anders Antonsen (Denmark), di semifinal.

Meski demikian, Loh Kean Yew berhasil melewatinya hingga akhirnya menjadi juara.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.