Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Vs Malaysia, Shin Tae-yong Membungkam Ocehan yang Meremehkan

Kompas.com - 19/12/2021, 21:51 WIB
Mochamad Sadheli ,
Kevin Topan Kristianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timnas Indonesia memastikan langkahnya ke semifinal Piala AFF 2020 usai menundukkan Malaysia dengan skor 4-1.

Derbi Nusantara, Indonesia vs Malaysia, usai digelar di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB.

Kemenangan skuad Garuda atas Harimau Malaya membuat Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status juara Grup B.

Langkah skuad Garuda sekaligus membungkam ocehan-ocehan dari luar yang meremehkan.

Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong memang belum begitu berpengalaman jika dilihat dari jumlah caps tiap pemain di level senior.

Baca juga: Hasil Timnas Indonesia Vs Malaysia 4-1, Garuda ke Semifinal Piala AFF 2020!

Namun demikian, polesan Shin Tae-yong begitu mengagumkan. Buktinya, melanggeng ke empat besar Piala AFF 2020 tanpa terkalahkan.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.Dok. PSSI Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Legenda Timnas Malaysia Meremehkan Indonesia

Mantan pemain sekaligus legenda timnas Malaysia, Safee Sali, memprediksi Indonesia tak bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2020.

Prediksi tersebut dia ungkap saat wawancara dengan media Vietnam, Zing News.

"Indonesia membawa tim muda dan potensial ke turnamen. Namun, dibandingkan dengan para pesaingnya, tim muda itu kurang berpengalaman," kata Safee Sali kepada Zing News.

"Tidak peduli seberapa ambisius Shin Tae-yong, dia harus menerima fakta Piala AFF 2020 bukan saat yang tepat untuk mengharapkan sesuatu yang besar dari para pemain ini," jelas mantan pemain timnas Harimau Malaya itu.

Baca juga: Hasil Vietnam Vs Kamboja: Menang 4-0, Golden Star Warriors Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020

Pernyataan tersebut menuai kontroversi dan diserang balik oleh netizen Indonesia. Akan tetapi, Safee Sali mengklarifikasi bahwa pernyataannya hanya sebatas prediksi.

Timnas Indonesia Dianggap Tim Kuda Hitam Selain timnas Malaysia besutan Tan Cheng Hoe, pemain timnas Laos, Mitsada Saitaifah, angkat bicara perihal peta kekuatan lawan-lawannya di Grup B.

Menurut pemain berposisi gelandang tersebut Vietnam masih menjadi kandidat terkuat di Grup B yang berpeluang menjadi juara Piala AFF 2020, lalu kemudian disusul Malaysia.

Timnas Indonesia Dianggap Tim Kuda Hitam

Pemain timnas Laos, Mitsada Saitaifah, angkat bicara perihal peta kekuatan lawan-lawannya di Grup B.

Menurut pemain berposisi gelandang tersebut Vietnam masih menjadi kandidat terkuat di Grup B yang berpeluang menjadi juara Piala AFF 2020, lalu kemudian disusul Malaysia.

Sama halnya yang diutarakan oleh gelandang Laos lainnya, Phoutthasay Khochalern. Dia mengatakan Indonesia adalah tim "kuda hitam".

Baca juga: Siapa Pemain Termuda dan Tertua di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020?

"Semua tim di Grup B sangat kuat, terutama juara bertahan Vietnam yang punya pemain berkualitas. Mereka juga sudah saling memahami," kata Phoutthasay Khochalern dikutip akun Facebook resmi federasi sepakbola Laos (LaoFF).

"Adapun Timnas Indonesia adalah kuda hitam karena telah menunjukkan potensi pada laga uji coba melawan Myanmar dan klub Turki."

"Sementara itu, di Grup A Thailand merupakan yang terbaik karena punya banyak pemain yang bermain untuk klub papan atas J-League," tegas Phoutthasay Khochalern.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com