Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bienvenido Maranon, Bersinar Saat Timnya Tereliminasi di Piala AFF 2020

Kompas.com - 19/12/2021, 17:40 WIB
Kevin Topan Kristianto

Penulis

Sumber BolaStylo

KOMPAS.com - Penyerang naturalisasi timnas Filipina, Bienvenido Maranon, tampil gemilang saat membawa timnya mengalahkan Myanmar di Piala AFF 2020.

Duel Myanmar vs Filipina memang terkesan hampa karena kedua tim sudah pasti tersingkir dari Piala AFF 2020.

Namun, bukan berarti laga tersebut adem tak menatik. Buktinya, ada lima gol yang tercipta dengan Filipina keluar sebagai pemenang.

Ya, pada laga terakhir fase Grup A Piala AFF 2020 tersebut Bienvenido Maranon berhasil membawa Filipina menang 3-2 atas Myanmar di Bishan Stadium, Sabtu (18/12/2021) malam WIB.

Baca juga: Daftar 5 Pemain Senior di Piala AFF 2020

Bienvenido Maranon menjadi bintang kemenangan The Azkals, julukan Filipina, dengan mencetak hattrick lewat tiga golnya di menit ke-16', 19' dan 45'.

Gol pertama pemain yang memperkuat klub United City FC tercipta setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang timnas Myanmar.

Yrick Rapisura Gallantes berhasil membuat kemelut itu lewat umpannya dan dimaksimalkan menjadi gol oleh Maranon melalui sepakan kaki kanannya.

Tak lama berselang Maranon mampu mencatatkan kembali namanya di papan skor.

Kali ini, Maranon memaksimalkan operan akurat dari Ramsay lewat sontekan kaki kanannya.

Baca juga: Profil Dion Cools, Tembok Malaysia dari Liga Denmark

Jelang paruh pertama usai, Maranon lagi-lagi mampu merobek gawang timnas Myanmar yang dikawal Myo Min Latt.

Penyerang timnas Filipina bernomor punggung sembilan tersebut membuat gol dengan sundulan kepalanya setelah memanfaatkan operan lambung dari Martin Steuble.

Hattrick Maranon itulah yang membawa Filipina menang.

Selain itu, tambahan tiga gol sekaligus membuatnya ikut memuncaki daftar top skor sementara bersama Safawi Rashid (Malaysia) dan Teerasil Dagda (Thailand) dengan koleksi 4 golnya.

Penyerang berusia 35 tahun itu tercatat telah mengoleksi 4 gol lewat hattrick saat menghadapi Myanmar dan satu sumbangan gol kala melawan Timor Leste.

Baca juga: Siapa Pemain Termuda dan Tertua di Piala AFF 2020?

Namun ironisnya, meski berhasil mendaftarkan namanya di daftar top skor sementara, Maranon dipastikan harus angkat koper dari Piala AFF 2020.

Pasalnya, Filipina dipastikan tereliminasi dan gagal lolos ke semifinal karena kalah koleksi poin dari Thailand dan Singapura.

Filipina terhenti di babak penyisihan grup A Piala AFF 2020 seusai finish pada urutan ketiga klasemen akhir dengan membukukan enam poin dari dua kemenangan dan dua kali kalah.

Dengan demikian, turnamen perdana Maranon bersama Filipina di Piala AFF 2020 berakhir dengan finis di urutan ketiga klasemen Grup A.

Meski begitu, Maranon masih berpeluang tampil lagi bersama Filipina di Piala AFF dua tahun yang akan datang, jika ia masih dibutuhkan walaupun usianya nanti pada saat itu adalah 37 tahun. (Ananda Lathifah Rozalina)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com