Kompas.com - 14/12/2021, 18:40 WIB
|

KOMPAS.com - Max Verstappen mengutarakan bahwa kontroversi yang mengemuka sama sekali tak mengurangi nikmat menjadi juara dunia Formula 1 2021.

Max Verstappen kini boleh bangga dengan status sebagai juara dunia Formula 1 2021. Kepastian itu didapatkan sang pebalap Red Bull usai dirinya memenangi GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Minggu (12/12/2021).

Max Verstappen kini tercatat sebagai pebalap Belanda pertama yang mampu meraih titel juara dunia F1.

Seri F1 GP Abu Dhabi 2021 menjadi penuh drama mengingat Max Verstappen dan Lewis Hamilton mengantongi poin identik, yakni 369,5, sebelum balapan dilangsungkan.

Kemenangan di GP Abu Dhabi diamankan Verstappen usai dirinya sukses menyalip dan mengambil alih posisi pimpinan balapan dari Lewis Hamilton pada lap penghabisan!

Baca juga: Eksklusif Max Verstappen - Mau Pensiun 5 Hari Usai Jadi Juara Dunia F1 seperti Nico Rosberg?

Drama seru GP Abu Dhabi masih dibumbui dengan kontroversi. Selepas GP Abu Dhabi, tim Lewis Hamilton, Mercedes, mengajukan protes resmi kepada FIA, selaku organisator balap mobil dunia.

Mercedes keberatan dengan keputusan Race Director, Michael Masi, yang pada akhirnya memperbolehkan lima pebalap yang menjadi “pemisah” antara Verstappen dan Hamilton, untuk mendahului Safety Car pada akhir lap ke-57.

Safety Car masuk lintasan mulai lap ke-53 begitu mobil Nicholas Latifi (Williams) ringsek menghantam tembok pembatas.

Awalnya, aturan yang dikeluarkan Race Director, Michael Masi, tak memungkinkan Verstappen menyalip lima mobil di depannya, yang memisahkan dirinya dengan Lewis Hamilton sebagai pimpinan balapan.

Max Verstappen berbicaran kepada jurnalis dari berbagai negara dalam acara Red Bull Open Media Session yang turut dihadiri Kompas.com secara virtual pada Senin (13/12/2021).TANGKAPAN LAYAR Max Verstappen berbicaran kepada jurnalis dari berbagai negara dalam acara Red Bull Open Media Session yang turut dihadiri Kompas.com secara virtual pada Senin (13/12/2021).

Namun, akhirnya keputusan berubah. Lando Norris, Fernando Alonso, Esteban Ocon, Charles Leclerc, dan Sebastian Vettel yang tertinggal jumlah putaran dengan Verstappen dan Hamilton, diperbolehkan untuk mendahului Safety Car.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.