Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, 6.000 Kursi Tak Terpakai

Kompas.com - 03/12/2021, 18:49 WIB
Josephus Primus

Penulis

Sumber Xinhuanet

BEIJING, KOMPAS.com - Kemungkinan besar, sebanyak 6.000 kursi di Stadion Nasional Tertutup di Beijing tidak terpakai.

"Namun beberapa atau bahkan semuanya tidak dapat digunakan saat pandemi corona makin meluas," kata pejabat operasional stadion itu di Beijing, Lei Ming.

Hingga 60 hari menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, China masih menghadapi pandemi corona yang belum surut.

Lonjakan kasus Covid-19 di China menimbulkan keraguan terhadap pemerintah China dalam mempertahankan kasus nol Covid menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.GETTY IMAGES via BBC INDONESIA Lonjakan kasus Covid-19 di China menimbulkan keraguan terhadap pemerintah China dalam mempertahankan kasus nol Covid menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Baca juga: Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, China Masih Menghadapi Pandemi Corona

Media pemerintah China sendiri dalam laporan terkininya, Jumat (3/12/2021), menyebut bahwa penonton yang akan hadir langsung wajib mendapatkan vaksinasi penuh.

"Kemungkinan, para penggemar dilarang berada di sekitar arena laga jika kondisi dampak pandemi memburuk," kata pernyataan media tersebut.

Sejumlah warga yang beberapa di antaranya memakai masker, menyeberang jalan di Beijing, China, Rabu (20/10/2021). Ibu kota China mulai menawarkan vaksin booster Covid-19, empat bulan sebelum Beijing dan wilayah sekitarnya menggelar Olimpiade Musim Dingin.AP PHOTO/NG HAN GUAN Sejumlah warga yang beberapa di antaranya memakai masker, menyeberang jalan di Beijing, China, Rabu (20/10/2021). Ibu kota China mulai menawarkan vaksin booster Covid-19, empat bulan sebelum Beijing dan wilayah sekitarnya menggelar Olimpiade Musim Dingin.

China membuka kebijakan kehadiran penonton lokal pada Olimpiade Beijing tersebut.

Kebijakan ini berbeda dengan Jepang pada Olimpiade Tokyo 2020.

Jepang menerapkan ketiadaan penonton sama sekali pada turnamen olahraga multicabang terakbar di dunia itu.

Sampai sekarang, kata Lei Ming, belum ada keputusan tentang jumlah penonton yang mendapat izin menyaksikan laga hoki es di stadiun itu.

Pengunjung mengambil foto patung figure skater dengan cincin Olimpiade di sebuah taman dekat markas besar Komite Penyelenggara Olimpiade Beijing (BOCOG) di Beijing, Kamis, 18 November 2021.VOA INDONESIA Pengunjung mengambil foto patung figure skater dengan cincin Olimpiade di sebuah taman dekat markas besar Komite Penyelenggara Olimpiade Beijing (BOCOG) di Beijing, Kamis, 18 November 2021.

"Ini mengisyaratkan bahwa banyak hal bisa saja terjadi di kemudian hari," ucap Mei Ming.

Sementara itu, dalam waktu dekat, petugas layanan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 akan masuk ke dalam gelembung.

"Mereka tidak mendapat izin hingga Paralimpiade berakhir," ucap Lei Ming.

Seorang wanita mengenakan masker mendorong kereta di dekat tanda yang menyerukan pembeli untuk waspada terhadap penyebaran virus corona, tidak mendengarkan desas-desus dan menghindari penimbunan di supermarket di Beijing, Cina, Rabu, 3 November 2021. AP PHOTO/NG HAN GUAN Seorang wanita mengenakan masker mendorong kereta di dekat tanda yang menyerukan pembeli untuk waspada terhadap penyebaran virus corona, tidak mendengarkan desas-desus dan menghindari penimbunan di supermarket di Beijing, Cina, Rabu, 3 November 2021.

Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 berlangsung pada 4-20 Februari 2022.

Sementara, Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022 berlangsung pada 4-13 Maret 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Xinhuanet
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com