Kompas.com - 29/11/2021, 18:00 WIB
Pemain bola voli putri Jawa Timur saat melawan Jawa Tengah PON XX Papua 2021 yang berakhir dengan skor 3-1 GOR Voli Indoor Koya Koso Kota Jayapura, Kamis 30/9/2021) sore. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPemain bola voli putri Jawa Timur saat melawan Jawa Tengah PON XX Papua 2021 yang berakhir dengan skor 3-1 GOR Voli Indoor Koya Koso Kota Jayapura, Kamis 30/9/2021) sore.

KOMPAS.com - Bola voli adalah cabang olahraga yang dimainkan oleh dua tim. Jumlah pemain voli di masing-masing tim dalam sebuah pertandingan adalah 6 (enam) orang.

Secara umum, posisi pemain dalam bola voli dibagi menjadi enam yaitu server, tosser atau set-upper, spiker atau smasher, pembendung atau blocker, libero atau defender, dan universal player atau pemain serbaguna.

Dilansir dari situs resmi Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), starting line-up tim voli terdiri dari satu orang setter atau tosser, dua orang blocker, dua orang defender atau receiver, dan satu orang universal player.

Masing-masing posisi tersebut memiliki tugas yang berbeda-beda. Salah satunya adalah universal player.

Baca juga: 4 Perbedaan Voli Lapangan dan Voli Pantai

Universal player dalam permainan bola voli merupakan salah satu pemain yang bisa dibilang spesial.

Pasalnya, jenis pemain serbaguna dalam permainan bola voli disebut universal player.

Penentuan pemain universal yang bertugas sebagai pemain serba bisa dalam permainan bola voli berdasarkan kemampuan smash, passing, dan mengumpan.

Lalu, kenapa pemain yang menempati posisi tersebut disebut pemain serbaguna atau universal player?

Baca juga: Aturan Time-out dalam Bola Voli

Alasan disebut sebagai pemain serbaguna karena pemain universal player memiliki kemampuan bisa menempati posisi depan maupun belakang.

Artinya, pemain universal player bisa membantu tim untuk menyerang sekaligus ikut bertahan kala diserang.

Karena karakter permainannya yang serbaguna, seorang universal player harus menguasai seluruh teknik dasar bola voli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.