Kompas.com - 28/11/2021, 15:00 WIB
PERBASI targetkan satu kemenangan pada perhelatan Kualifikasi FIBA World Cup 2023. PERBASIPERBASI targetkan satu kemenangan pada perhelatan Kualifikasi FIBA World Cup 2023.

KOMPAS.com - PP Perbasi mengaku kecewa berat dengan Lebanon lantaran sebagai tuan rumah, Lebanon tidak bisa menunjukkan rasa hormat kepada Indonesia sebagai tim tamu.

Kekecewaan tersebut dipicu sikap panpel Lebanon yang tidak memutar lagu kebangsaan Indonesia hingga selesai sebelum pertandingan dimulai.

"Kami kecewa kepada Lebanon. Saat memutar lagu kebangsaan Indonesia Raya dipotong. Tidak diputar sampai selesai. Kami protes keras dengan kejadian ini," ungkap Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi.

Baca juga: PP Perbasi Jalin Kerja Sama demi Wujudkan Mimpi Atlet Punya Rumah

Saat lagu ciptaan WR Soepratman ini diputar, panpel Lebanon hanya memutarnya sampai penggalan lirik "marilah kita berseru, Indonesia bersatu". Setelah itu, panpel Lebanon tidak melanjutkan lagu kebangsaan Indonesia tersebut.

Situasi ini pun direspons oleh manajemen dan pemain timnas dengan saling pandang.

Mereka merasa aneh karena tidak biasa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia secara tidak utuh.

Nirmala menegaskan bahwa PP Perbasi secara resmi mengajukan surat protes kepada Lebanon, Sabtu (27/11/2021).

Harapannya, pihak Lebanon meminta maaf atas kelalaian ini agar ke depan tidak terjadi hal serupa.

Baca juga: Daftar 24 Pemain Timnas Elite Bentukan Perbasi untuk IBL 2022

Mengingat, lagu kebangsaan Indonesia Raya merupakan bagian dari harga diri bangsa yang harus dijunjung tinggi karena para pendahulu memperjuangkan dengan segenap jiwa dan raga juga harta.

Nirmala berharap situasi ini tidak sampai mereduksi semangat pemain Timnas Elite Indonesia menatap pertemuan kedua melawan Lebanon pada 29 November nanti.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.