Kompas.com - 20/11/2021, 13:20 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

KUTA MANDALIKA, KOMPAS.com - Hajatan yang ditunggu-tunggu di Sirkuit Mandalika akhirnya datang juga.

Sirkuit yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo itu kini sedang menjadi lokasi perhelatan seri terakhir ajang World Superbike (WSBK) 2021 dan Asian Talent Cup yang berlangsung dari 19-21 November.

Sirkuit Mandalika berlokasi di Lombok Tengah. Jaraknya sekitar 24 kilometer dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid.

Kedua tempat tersebut memang sama-sama berlokasi di Lombok Tengah.

Meski kedua lokasi cukup dekat, belum banyak pilihan transportasi yang tersedia di sana. Setidaknya demikianlah pantauan Kompas.com saat tiba di Bandara Lombok pada Jumat (19/11/2021).

Kompas.com akan memberikan sedikit gambaran mengenai pilihan transportasi apa saja yang bisa digunakan untuk menuju ke Sirkuit Mandalika.

Informasi ini mungkin saja berguna untuk masyarakat yang sudah berancang-ancang ingin menonton langsung MotoGP di Sirkuit Mandalika pada Maret tahun depan.

Baca juga: Tingkat Kenyamanan Nonton di Sirkuit Mandalika Berdasarkan Harga Tiket

 

Taksi Non-Argo

Taksi non-argo adalah satu-satunya layanan taksi yang boleh membawa penumpang dari Terminal Bandara Lombok ke lokasi lain, tak terkecuali Sirkuit Mandalika.

Layanan taksi ini memiliki tarif yang tetap dan tidak terpengaruh kondisi waktu.

Untuk taksi non argo tarifnya bervariasi tergantung jenis mobil yang digunakan.

Berikut daftar ongkosnya:

Innova Rp 200.000
APV Rp 175.000
Avanza Rp 150.000
Sedan Rp 93.000

Di Bandara Lombok, layanan taksi-taksi argo maupun online, seperti Grab Car, Go Car ataupun Blue B‏ird, hanya boleh masuk ke bandara untuk mengantar penumpang tapi tidak boleh mengambil.

Namun, tetap ada saja pengemudi nekat yang memilih "main kucing-kucingan". Hal itu diungkapkan Udin (63), salah seorang pengemudi layanan Go Car.

Agar tidak terendus pengemudi taksi non-argo, Udin menyarankan calon penumpangnya untuk sedikit berjalanan kaki keluar area terminal.

Daftar ongkos layanan taksi non argo dari Bandara Lombok ke sejumlah destinasi wisata, tak terkecuali ke Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Kuta Mandalika.Kompas.com/Alsadad Rudi Daftar ongkos layanan taksi non argo dari Bandara Lombok ke sejumlah destinasi wisata, tak terkecuali ke Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Kuta Mandalika.

Calon penumpang bisa mengorder dari bundaran bandara yang berjarak sekitar 500 meter dari bangunan terminal bandara.

"Kalau tidak begitu nanti bisa dicegat pas mau keluar di pos depan," ucap Udin.

Layanan taksi online dari Bandara Lombok ke Sirkuit Mandalika bisa lebih murah, namun bisa juga lebih mahal dibanding taksi argo, tergantung kondisi.

Saat Kompas.com menjajal layanan pada Jumat (19/11/2021), biaya yang dikeluarkan hanya sekitar Rp 83.000.

Namun, saat mengecek kembali pada Sabtu (20/11/2021), biayanya sudah naik menjadi sekitar Rp 109.000.

Rute dari Bandara Lombok ke Sirkuit Mandalika melewati jalan by pass yang juga baru diresmikan Presiden Jokowi pada 12 November silam.

Jalan By pass yang menghubungkan Bandara Lombok dan Sirkuit Mandalika.Kompas.com/Alsadad Rudi Jalan By pass yang menghubungkan Bandara Lombok dan Sirkuit Mandalika.

Shuttle Bus Khusus Gratis

Bandara Lombok belum seperti Bandara Soetta yang punya banyak layanan bus berbagai rute.

Namun, khusus selama perhelatan WSBK, Pemerintah Provinsi Lombok menyiapkan layanan shuttle bus gratis yang melayani rute dari Sirkuit Mandalika ke sejumlah lokasi, termasuk Bandara Lombok.

Shuttle bus ke Sirkuit Mandalika tidak bisa digunakan oleh semua orang. Hanya mereka yang sudah punya tiket yang boleh naik.

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Sedang Warnai Balapan Pertama WSBK Mandalika

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah bus tidak selalu standby di area bandara karena harus selalu hilir mudik menjemput penumpang.

Pantuan Kompas.com di Bandara Lombok, Jumat (19/11/2021) sekitar pukul 12.30 siang, cukup sulit menemukan keberadaan shuttle bus gratis tersebut.

Setelah menunggu sekitar satu jam, akhirnya kami lebih memilih mencari layanan yang lain karena tak kunjung menemukan bus yang ditunggu-tunggu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pemprov Nusa Tenggara Barat (@ntbprov)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.