Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"The Last Dance" Rossi: Pelukan Ronaldo, Kemunculan Sang Rival, Dominasi Ducati

Kompas.com - 14/11/2021, 21:30 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber MotoGP

KOMPAS.com - Balapan terakhir Valentino Rossi di MotoGP berlangsung penuh warna. Mulai dari kehadiran legenda sepak bola Ronaldo Nazario, kemunculan para rival The Doctor, hingga dominasi Ducati.

MotoGP Valencia 2021 yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, pada Minggu (14/11/2021) malam WIB menjadi momen perpisahan Valentino Rossi.

The Doctor, julukan Valentino Rossi, resmi mengakhiri kariernya selama 25 tahun di dunia balap motor.

Rossi merampungkan balapan "The Last Dance" di MotoGP dengan finis di posisi ke-10. Adapun, MotoGP Valencia 2021 dimenangi oleh salah satu anak didik The Doctor di VR46 Riders Academy, Francesco Bagnaia.

Baca juga: Hasil MotoGP Valencia: Bagnaia Menang, Rossi Petik Poin di Balapan Terakhir!

Pelukan Ronaldo sebelum balapan

MotoGP Valencia 2021 kedatangan tamu spesial. Striker legendaris timnas Brasil yang pernah bermain untuk Inter Milan dan Real Madrid, Ronaldo Luiz Nazario de Lima, hadir secara langsung ke Sirkuit Ricardo Tormo.

Sebelum balapan, Ronaldo menemui sahabatnya, Valentino Rossi. Legenda sepak bola yang dijuluki Sang Fenomena itu pun memberikan pelukan hangat kepada The Doctor.

Ronaldo sendiri memang merupakan sahabat baik sekaligus pesepak bola idola Rossi.

Sebagai orang Italia, Valentino Rossi pun sangat menggemari sepak bola. Ia diketahui adalah pendukung Inter Milan, klub yang pernah dibela Ronaldo.

Ronaldo pun mendapatkan kehormatan untuk mengibarkan bendera finis pada MotoGP Valencia 2021.

Baca juga: 5 Momen Tak Terlupakan Valentino Rossi di MotoGP

Kemunculan para rival

Selama kariernya di MotoGP, Valentino Rossi dikenal memiliki sederet pebalap yang menjadi rivalnya.

Dua eks pebalap yang pernah menjadi rival The Doctor yakni Max Biaggi dan Casey Stoner muncul pada balapan MotoGP Valencia.

Biaggi adalah rival Rossi pada awal ia naik ke kelas utama. Meski pernah terlibat rivalitas panas di lintasan, kedua pebalap asal Italia itu kini saling menghormati.

Max Biaggi menyempatkan diri hadir langsung di Sirkuit Ricardo Tormo untuk menyaksikan balapan terakhir Valentino Rossi.

Sementara itu, Casey Stoner muncul melalui video tribute yang ditayangkan oleh pihak MotoGP setelah balapan selesai.

Baca juga: Rencana-rencana Rossi Usai Pensiun dari MotoGP: Balap Mobil hingga Jadi Ayah

Dominasi Ducati di Valencia

Ducati menunjukkan kapasitas mengapa mereka layak menyabet gelar juara dunia konstruktor musim ini. Tiga pebalap pabrikan asal Bologna, Italia, itu menguasai podium MotoGP Valencia 2021.

Francesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo Team sukses menjadi juara MotoGP Valencia. Ini adalah kemenangan keempat Bagnaia dari enam seri terakhir MotoGP 2021.

Di podium kedua MotoGP Valencia, berdiri Jorge Martin dari tim Pramac Racing. Dominasi Ducati di Ricardo Tormo dilengkapi oleh rekan setim Bagnaia, Jack Miller, yang finis di posisi ketiga.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah MotoGP, Ducati berhasil menyapu bersih podium Grand Prix.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MotoGP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com