Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, Hanya 20 Persen dari Kapasitas Stadion untuk Penonton Langsung

Kompas.com - 13/11/2021, 18:51 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Komite Penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 (Bocog) menyebut bahwa hanya 20 persen dari kapasitas stadion bisa digunakan untuk penonton langsung.

Kebijakan ini menjadi salah satu syarat pelaksanaan penerapan protokol kesehatan pencegahan pandemi Covid-19.

Baca juga: 4 Tugas Tim Antikorupsi di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

China, kurang dari 100 hari jelang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, menghadapi tantangan pertumbuhan angka terpapar positif pandemi Covid-19.

Ilustrasi vaksinasi Covid-19.covid19.go.id Ilustrasi vaksinasi Covid-19.

Olimpiade Beijing itu berlangsung pada 2-15 Februari 2022.

Kebijakan mengenai jumlah penonton ini sudah menjadi penetapan manajemen Pusat Akuatik Nasional China.

Pada lokasi olahraga air itu, hanya ada izin bagi kehadiran 1000 penonton.

Stadion nasional beijing DOK. Shutterstock Stadion nasional beijing DOK. Shutterstock

"Ini jumlah seperlima dari kapasitas kami," kata Manajer Pusat Akuatik Nasional China Yang Qiyong.

Saat ini, China menekan tumbuhnya klaster corona baru dengan memberlakukan lockdown dan tes Covid-19 yang masif.

Seorang pendukung membuat gerakan dengan tangannya di dekat jam hitung mundur saat melintasi hitungan mundur 100 hari menuju pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Beijing, China, Selasa, 26 Oktober 2021. AP PHOTO/NG HAN GUAN Seorang pendukung membuat gerakan dengan tangannya di dekat jam hitung mundur saat melintasi hitungan mundur 100 hari menuju pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Beijing, China, Selasa, 26 Oktober 2021.

Pada bulan lalu, data menunjukkan bahwa angka konfirmasi positif pandemi Covid-19 memang menunjukkan tanda-tanda menaik di China.

Sejauh ini, Olimpiade Musim Dingin Beijing 2021 menerapkan sistem gelembung dalam perhelatannya.

Petugas kesehatan mengambil sampel swab untuk tes Covid-19 dari seorang pria di stasiun pengumpulan asam nukleat di Beijing, China, Senin (25/10/2021). Penyebaran Covid-19 di China kembali menjadi peringatan setelah klaster baru terkait sekelompok wisatawan ditemukan 17 Oktober lalu.AFP/NOEL CELIS Petugas kesehatan mengambil sampel swab untuk tes Covid-19 dari seorang pria di stasiun pengumpulan asam nukleat di Beijing, China, Senin (25/10/2021). Penyebaran Covid-19 di China kembali menjadi peringatan setelah klaster baru terkait sekelompok wisatawan ditemukan 17 Oktober lalu.

China tidak memberi izin bagi penonton asal luar negeri namun masih memberi kesempatan jumlah terbatas bagi penonton lokal.

Sedikitnya, 2.900 atlet sudah berstatus tervaksinasi lengkap.

Jika tidak, para atlet itu akan menghadapi karantina 22 hari.

Petugas kesehatan mengambil sampel swab untuk tes Covid-19 dari seorang wanita di stasiun pengumpulan asam nukleat di Beijing, China, Senin (25/10/2021). Penyebaran Covid-19 di China kembali menjadi peringatan setelah klaster baru terkait sekelompok wisatawan ditemukan 17 Oktober lalu.AFP/NOEL CELIS Petugas kesehatan mengambil sampel swab untuk tes Covid-19 dari seorang wanita di stasiun pengumpulan asam nukleat di Beijing, China, Senin (25/10/2021). Penyebaran Covid-19 di China kembali menjadi peringatan setelah klaster baru terkait sekelompok wisatawan ditemukan 17 Oktober lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.