Kompas.com - 11/11/2021, 22:33 WIB
A supporter of the 2022 Beijing Winter Olympics poses for photos with a countdown clock as it crosses into the 100 days countdown to the opening of the Winter Olympics in Beijing, China, Tuesday, Oct. 26, 2021. (AP Photo/Ng Han Guan) /// Ng Han GuanA supporter of the 2022 Beijing Winter Olympics poses for photos with a countdown clock as it crosses into the 100 days countdown to the opening of the Winter Olympics in Beijing, China, Tuesday, Oct. 26, 2021. (AP Photo/Ng Han Guan) ///

BEIJING, KOMPAS.com - China melalui badan pengawas antikorupsi membentuk tim khusus untuk mengawasi Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Setidaknya, ada empat tugas tim antikorupsi itu.

Baca juga: 3 Tahapan Operasionalisasi Perkampungan Atlet Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Pertama, Olimpiade bebas dari penyuapan.

Ilustri korupsiShutterstock Ilustri korupsi

Kedua, Olimpiade bebas dari narkoba.

Ketiga, Olimpiade bebas dari penyebaran Covid-19.

Keempat, Olimpiade bebas dari risiko lainnya.

Presiden China Xi Jinping saat berpidato untuk KTT APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) melalui video, dari Beijing pada Kamis (11/11/2021).XINHUA/LI XUEREN via AP Presiden China Xi Jinping saat berpidato untuk KTT APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) melalui video, dari Beijing pada Kamis (11/11/2021).

"Saya ingin Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 bersih, inklusif, terbuka, dan bebas korupsi," ujar Presiden China Xi Jinping, Kamis (11/11/2021).

China, dengan kebijakan ini berupaya meningkatkan kemampuan mengelola Olimpiade lebih baik.

Pengunjung Chongli, salah satu tempat Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, melewati logo Olimpiade di Chongli di Provinsi Hebei, China utara pada 13 Agustus 2020.AP PHOTO/NG HAN GUAN Pengunjung Chongli, salah satu tempat Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, melewati logo Olimpiade di Chongli di Provinsi Hebei, China utara pada 13 Agustus 2020.

Tim, dalam hal ini bekerja memantau terjadinya korupsi dalam pemilihan dan promosi atlet dan ofisial acara serta pengeluaran tak pantas.

Sejauh ini, jelang perhelatan pada 4-20 Februari 2022, tim antikorupsi sudah dikerahkan ke berbagai departemen dan otoritas olahraga nasional China.

Foto bapak pendiri China, Mao Zedong terpasang di Tiananmen Square, Beijing, China. PIXABAY/ ZIBIK Foto bapak pendiri China, Mao Zedong terpasang di Tiananmen Square, Beijing, China.

Tim antikorupsi ada juga di unit anti-doping dan keuangan di departemen dan otoritas olahraga nasional China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Xinhuanet
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.