Kompas.com - 08/11/2021, 23:16 WIB

BANDAR SERI BEGAWAN, KOMPAS.com - Ikhwal mundurnya Brunei Darussalam dari Piala AFF 2020 sejatinya sudah mendapat sambutan pemahaman dan empati dari Presiden Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) Khiev Sameth.

"Kami memahami Brunei Darussalam," katanya.

Baca juga: Jelang Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Jalani Laga Uji Coba di Turki

Khiev Sameth menambahkan bahwa kawasan Asia Tenggara memang tengah menghadapi terpaan pandemi Covid-19.

Pemain keturunan Inggris yang membela timnas U19 Indonesia, Elkan Baggott.Dok. PSSI Pemain keturunan Inggris yang membela timnas U19 Indonesia, Elkan Baggott.

"Kami akan kehilangan Brunei dalam turnamen ini namun kami percaya di masa mendatang timnas Brunei kembali dalam kondisi lebih kuat," ujar Khiev Sameth.

Pandemi Covid-19 menjegal keikutsertaan Brunei Darussalam di perhelatan Piala AFF 2020.

"Kami mundur dari Piala AFF 2020 lantaran masalah pandemi Covid-19," kata Presiden Federasi Sepak Bola Brunei Darussalam (FABD) Matusin Matasan, hari ini.

Penyerang Malaysia, Norshahrul Idlan Talaha (dua dari kanan) berselebrasi dengan rekan setimnya setelah mencetak sebuah gol dalam pertandingan Piala AFF 2018 melawan Myanmar di Stadion Bukit Jalil, pada 24 November 2018. MOHD RASFAN/AFP Penyerang Malaysia, Norshahrul Idlan Talaha (dua dari kanan) berselebrasi dengan rekan setimnya setelah mencetak sebuah gol dalam pertandingan Piala AFF 2018 melawan Myanmar di Stadion Bukit Jalil, pada 24 November 2018.

Brunei seharusnya melewati babak play-off terlebih dulu melawan Timor Leste.

Alhasil, mundurnya Brunei Darussalam membuat Timor Leste lolos dari kualifikasi.

Timor Leste kini masuk di Grup A bersama tuan rumah Singapura, Thailand, Myanmar, dan Filipina.

Pemain timnas Indonesia merayakan gol Egy Maulana Vikri pada laga leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan di Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021).DOK. PSSI Pemain timnas Indonesia merayakan gol Egy Maulana Vikri pada laga leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan di Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021).

Pertandingan-pertandingan di Grup A akan berlangsung di Singapura.

Jadwal pertandingan Piala AFF 2020 ini mulai pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Adapun, Grup B diisi Vietnam, Malaysia, Indonesia, Kamboja, dan Laos.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.