Kompas.com - Diperbarui 22/04/2022, 20:07 WIB
Sirkuit Internasional Algarve, venue MotoGP Portugal 2021. AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRASirkuit Internasional Algarve, venue MotoGP Portugal 2021.

KOMPAS.com - Ajang balap motor MotoGP musim 2022 memasuki seri kelima yang mengambil tempat di Sirkuit Internasional Algarve, Portugal.

Rangkaian GP Portugal yang dihelat di Sirkuit Algarve ini berlangsung selama tiga hari pada 22-24 April 2022.

Ini adalah kali keempat Sirkuit Algarve menggelar balapan Kejuaraan Dunia MotoGP. Tiga bertajuk GP Portugal dan satu dalam tajuk GP Algarve.

Profil Sirkuit Algarve

Baca juga: MotoGP Portugal 2022: Penakluk Mandalika Pimpin Parade di Rumah Sendiri

Dilansir situs resmi MotoGP, nama resmi Sirkuit Algarve adalah Autodromo Internacional do Algarve. Sirkuit Algarve biasa disebut juga dengan Sirkuit Portimao.

Trek yang terletak di Portimao, region paling selatan Portugal tersebut resmi dibuka pada 2 November 2008.

Setelah resmi dibuka, sirkuit ini menawarkan beberapa fasilitas termasuk trek balap, trek gokart, hotel, komplek apartemen, dan komplek olahraga lainnya.

Sirkuit Algarve sendiri banyak dihiasi tikungan tajam. Jumlah tikungan lintasan balap satu ini mencapai 15, dengan 6 mengarah ke kiri dan 9 lainnya mengarah ke kanan.

Bahkan trek Algarve disebut mirip seperti roller coaster karena memiliki kontur naik-turun yang menyerupai ombak.

Sirkuit PortimaoIstimewa Sirkuit Portimao

Kontur "ombak" di sirkuit berjarak 4,6 kilometer itu menghadirkan sensasi tersendiri bagi para pebalap dan penggemar MotoGP.

Baca juga: Sirkuit Mana yang Memiliki Trek Lurus Terpanjang di MotoGP 2022?

Kontur "ombak" sudah bisa dirasakan para pebalap sejak Tikungan 1. Di sana, para rider akan menemukan turunan setelah melalui trek lurus panjang 970 meter.

Kendati seperti roller coaster, pebalap Gresini Racing, Enea Bastianini mengatakan bahwa Sirkuit Algarve atau biasa disebut Sirkuit Portimao itu sangat bagus.

"Portimao adalah trek yang sangat bagus, sangat teknis, dengan banyak naik turun, katakanlah trek itu sangat enak!," kata pebalap berusia 24 tahun seperti dikutip dari Juara.net, pada Selasa 19 April 2022.

Sirkuit Portimao di PortugalDok. Indonesia.travel Sirkuit Portimao di Portugal

Data Singkat Sirkuit Algarve

  • Nama lengkap sirkuit: Autodromo Internacional do Algarve
  • Panjang lintasan: 4,6 kilometer
  • Lebar lintasan: 18 meter
  • Lintasan lurus terpanjang: 970meter
  • Jumlah tikungan: 15 (6 kiri dan 9 kanan)
  • Kapasitas: 100.000 penonton
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber MotoGP,JUARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.