Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang IBL 2022, NSH Mountain Gold Timika Bikin Gebrakan

Kompas.com - 07/11/2021, 04:04 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

Sumber IBL

KOMPAS.com - Klub bola basket Tanah Air, NSH Mountain Gold Timika, membuat gebrakan menjelang dimulainya Indonesia Basketball League (IBL) 2022.

NSH Mountain Gold Timika membuat gebrakan dengan menggandeng UMKM asal Kalimantan Timur, yakni NG Corp.

Adapun NG Corp merupakan UMKM milik anak muda Indonesia bernama Nicho Ginting yang bergerak di bidang cafe, barber shop, cuci sepatu, bengkel mobil, travel, dan event organizer.

"Senang bisa bergabung di dunia basket bersama NSH Mountain Gold Timika. Apalagi, tim ini merupakan satu-satunya yang mewakili timur Indonesia," kata Nicho dalam rilis yang diterima KOMPAS.com, Sabtu (6/11/2021).

Baca juga: Indonesia Basketball League Luncurkan IBL NFT pada Hari Sumpah Pemuda

Bergabungnya NG Corp ke NSH Mountain Gold Timika menunjukkan bahwa semua kalangan bisa terlibat dalam dunia bola basket Tanah Air.

Manajer NSH Mountain Gold Timika, Yusuf Arlan Ruslim, berharap kerjasama dengan UMKM bisa memberi dampak positif bagi tim maupun dunia bola basket secara keseluruhan.

"Kami ingin membuktikan bahwa segala sektor bisa diterima di basket Indonesia," ujar Arlan.

"Saling dukung antara olahraga dan UMKM merupakan sinergi yang menguntungkan dari segala lini," tutur Arlan.

Baca juga: Setelah Raffi Ahmad, Gading Marten Ikut Terjun Ramaikan IBL

NSH Mountain Gold Timika menjadi klub peserta IBL 2022 yang merepresentasikan timur Indonesia.

Mereka bakal bersaing dengan 15 klub lain yang berasal dari berbagai wilayah seperti Jakarta, Bandung, Pontianak, Surabaya, dan Yogyakarta.

Berdasarkan rancangan agenda yang tercantum di laman resmi IBL, musim kompetisi 2022 bakal berlangsung mulai 11 atau 14 Januari mendatang.

Sebelum itu, setiap klub akan lebih dulu menjalani tahap yang terbilang cukup krusial, yakni IBL Draft, pada 10 November 2021.

Baca juga: Jelang IBL 2022, Dewa United Sibuk TC dan Perkenalkan Identitas Baru

Pada IBL Draft, para klub akan memilih pemain muda potensial (Rookie).

Selain itu, setiap klub juga akan memilih pemain asing untuk memperkuat tim pada pergelaran IBL 2022.

Para pemain asing diharapkan bisa hadir di Indonesia sejak 2 Desember 2021 untuk menjalani karantina sebelum tampil pada musim reguler IBL 2022.

"Kami tetap menjalankan protokol kesehatan ketat. Para pemain asing harus sudah divaksin, menjalankan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan, dan pastinya screening saat kedatangan, termasuk proses karantina sesuai peraturan pemerintah," kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah.

Sejauh ini, sudah terdaftar 186 pemain asing yang siap meramaikan IBL 2022. Mereka berasal dari 18 agen berlisensi resmi FIBA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com