Kompas.com - 06/11/2021, 19:20 WIB

KOMPAS.com - Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) merupakan pesta olahraga nasional terbesar bagi penyandang disabilitas.

Peparnas kali ini memasuki edisi ke-16 di Papua, selaku tuan rumah penyelenggaran.

Pembukaan Peparnas XVI Papua ini dibuka di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Jumat (5/11/2021). Ajang Peparnas Papua ini akan dilangsungkan hingga Sabtu (13/11/2021).

Sejarah Pekan Paralimpik Nasional, Peparnas

Melansir dari Antara, ajang olahraga berskala nasional bagi para penyandang disabilitas ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1957. Saat itu, Surakarta ditunjuk menjadi tuan rumah.

Baca juga: Atlet Tuan Rumah Abraham Elopere Raih Emas Pertama di Peparnas Papua

Saat pertama kali digear, ajang ini bernama Pekan Olahraga Cacat Nasional (Porcanas).
Pada gelaran Porcanas edisi pertama, kontingen Jawa Tengah keluar sebagai juara umum.

Seusai edisi pertama berakhir, Surakarta masih menjadi tuan rumah Porcanas dalam dua edisi selanjutnya pada tahun 1959 dan 1964.

Pada dua edisi yang masih digelar di Surakarta, Jawa Tengah dan Jawa Barat keluar sebagai juara umum Porcanas. Kontingen Jawa Tengah juara umum tahun 1959 dan kontingen Jawa Barat tahun 1964.

Setelah Surakarta menjadi tuan rumah tiga kali beruntun, Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi tuan rumah Porcanas edisi keempat pada tahun 1969.

Pada Porcanas edisi keempat itu, kontingen Jawa Barat keluar sebagai juara umum. Jawa Barat akhirnya mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah Porcanas seusai berhasil menjadi juara umum dalam dua edisi sebelumnya.

Baca juga: Pembukaan Peparnas, Wapres Lempar Pantun, Apresiasi Papua-Menpora

Jawa Barat ditunjuk sebagai tuan rumah Porcanas pada tahun 1972. Pada edisi tersebut DKI Jakarta berhasil keluar sebagai juara umum.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.