Kompas.com - 02/11/2021, 12:50 WIB
Pemain Timnas U-23 Indonesia, Saddil Ramdani beraksi saat melawan pemain Timnas Laos dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Sepak Bola City Of Imus Granstand, Filipina, Kamis (5/12/2019). Timnas Indonesia menang 4-0 dari Laos. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPemain Timnas U-23 Indonesia, Saddil Ramdani beraksi saat melawan pemain Timnas Laos dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Sepak Bola City Of Imus Granstand, Filipina, Kamis (5/12/2019). Timnas Indonesia menang 4-0 dari Laos.

KOMPAS.com - Salah satu andalan lini serang timnas Indonesia, Saddil Ramdani, tengah menghadapi masalah imigrasi di Malaysia.

Saddil Ramdani tak bisa pulang ke Indonesia karena pihak imigrasi Malaysia tidak memberi sang pemain untuk terbang ke Tanah Air.

Dia pun mencari bantuan agar bisa kembali ke Indonesia dan membantu timnas pada ajang Piala AFF nanti.

"Saya ingin pulang dan berobat. Kalau sudah sembuh, saya siap membela timnas di Piala AFF," kata Saddil Ramdani kepada Kompas.com.

Saddil merupakan salah satu pemain muda Indonesia yang berkarier di luar negeri.

Baca juga: Saddil Ramdani: Bantu Saya Pulang ke Indonesia

Seperti diketahui, tak banyak pemain Tanah Air memberanikan diri untuk lepas dari "akuarium" Indonesia dan menantang lautan di negeri orang.

Andai masalah ini berlarut, tentu bisa menjadi kerugian timnas Indonesia. Di sisi lain, keberanian pemain muda untuk berkarier di luar negeri semakim menciut.

Sebab, mereka akan takut andai tak bisa kembali ke tanah kelahiran.

Akan tetapi, jika Saddil Ramdani bisa kembali ke Tanah Air, tentu akan berpengaruh besar pada nyali pemain Indonesia untuk berkiprah di luar negeri.

Sebab, ada jaminan dari pemerintah atau PSSI bergerak menangani masalah talenta-talentanya berjaya di negeri seberang.

Baca juga: Tersandung Masalah Imigrasi Tak Buat Saddil Ramdani Kapok Berkarier di Luar Negeri

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.