Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Josephus Primus

Jurnalis di Kompas.com yang lagi senang memperhatikan perilaku orang bereuni.

Peparnas (Masih) Jalan Sepi dan Nyanyi Sunyi

Kompas.com - 02/11/2021, 08:07 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

BENAR dugaan saya.

Jauh lebih sedikit, setidaknya, jumlah pembaca yang tahu arti kepanjangan Peparnas ketimbang yang tidak tahu.

Peparnas adalah kepanjangan dari Pekan Paralimpiade Nasional.

Peparnas adalah pesta olahraga multicabang paling akbar tingkat nasional bagi atlet penyandang disabilitas.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi saat melepas kontingen paralimpik untuk berlaga di ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua.KOMPAS.com/DANIEL PEKUWALI Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi saat melepas kontingen paralimpik untuk berlaga di ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua.

Baca juga: Ini 12 Cabang Olahraga Pertandingan Peparnas XVI Papua

Peparnas sejatinya setara dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) bagi atlet normal.

Mari kita naik satu level di skala regional ASEAN.

Pada turnamen skala regional ASEAN ada juga turnamen bagi atlet penyandang disabilitas yakni Para SEA Games, di samping SEA Games.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat hadir dalam Pengukuhan dan Pelepasan Kontingen Peparnas XVI 2021 Papua di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (27/10/2021).Humas Pemprov Jabar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat hadir dalam Pengukuhan dan Pelepasan Kontingen Peparnas XVI 2021 Papua di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (27/10/2021).

Naik lagi lebih tinggi, level benua, ada Asian Para-Games, selain Asian Games.

Di tingkat paling tinggi, sudah barang tentu, ada Paralimpiade di samping Olimpiade.

Belum lama, Indonesia ikut serta di Paralimpiade Tokyo 2020 pada 24 Agustus 2021 hingga 5 September 2021 dengan hasil terbilang memuaskan.

Presiden Joko Widodo menandatangani raket milik atlet bulu tangkis Leani Ratri Oktila, peraih medali emas ajang Paralimpiade Tokyo 2020, di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/9/2021). Presiden Joko Widodo menerima kontingan Paralimpiade Tokyo 2020 di Istana Kepresidenan Bogor sekaligus menyampaikan apresiasi dan memberikan bonus kepada atlet dan pelatih yang berlaga di ajang olahraga tersebut.SETPRES/AGUS SUPARTO Presiden Joko Widodo menandatangani raket milik atlet bulu tangkis Leani Ratri Oktila, peraih medali emas ajang Paralimpiade Tokyo 2020, di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/9/2021). Presiden Joko Widodo menerima kontingan Paralimpiade Tokyo 2020 di Istana Kepresidenan Bogor sekaligus menyampaikan apresiasi dan memberikan bonus kepada atlet dan pelatih yang berlaga di ajang olahraga tersebut.

Indonesia di urutan 43 negara peraih medali dengan capaian 2 emas, 3 perak, dan 4 perunggu.

Capaian terbaik Indonesia sebelumnya adalah pada Paralimpiade Toronto 1976 dan Paralimpiade Arnhem 2020,

Medali Paralimpiade Tokyo 2020. SHUTTERSTOCK/FIFG Medali Paralimpiade Tokyo 2020.

Pada masing-masing perhelatan itu, Indonesia meraih enam medali.

Hajatan besar

Suasana di Stadion Mandala Jayapura Papua jelang final sepak bola putra PON XX Papua 2021 antara Papua vs Aceh, Kamis (14/10/2021).KOMPAS.com/Suci Rahayu Suasana di Stadion Mandala Jayapura Papua jelang final sepak bola putra PON XX Papua 2021 antara Papua vs Aceh, Kamis (14/10/2021).

Kini, usai PON XX Papua 2021 yang berlangsung pada 2-15 Oktober 2021, Indonesia punya hajatan besar Peparnas XVI.

Lokasinya masih sama, di Papua.

Bila pada PON XX Papua 2021, ada empat klaster penyelenggara yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke, pada Peparnas XVI, hanya klaster Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura yang menjadi lokasi penyelenggaraan.

Ilustrasi paralimpikShutterstock Ilustrasi paralimpik

Pada Peparnas XVI, ada 12 cabang olahraga pertandingan.

Dari jumlah cabang-cabang olahraga itu, ada 602 nomor pertandingan.

Peparnas XVI Papua berlangsung pada 2-15 November 2021.

Gigih Dwi Prasetyo (26) atket panahan paralimpik dari Tanjung Jabung Barat mendapatkan medali emas untuk kategori Wheelchair jarak 20 meter Juli 2021/istimewaKOMPAS.COM/JAKA HB Gigih Dwi Prasetyo (26) atket panahan paralimpik dari Tanjung Jabung Barat mendapatkan medali emas untuk kategori Wheelchair jarak 20 meter Juli 2021/istimewa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com