Kompas.com - 29/10/2021, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Pelatih Shin Tae-yong memiliki kedalaman skuad timnas Indonesia U-23 yang sedikit matang dari segi pengalaman.

Sebagian besar penggawa timnas U-23 seringkali ikut beraksi di timnya masing-masing untuk bersaing dalam kompetisi yang ketat, profesional, sekaligus menghibur, yakni BRI Liga 1 2021-2022.

Kendati Shin Tae-yong memanggil para pemainnya setelah seri 1 BRI Liga 1 2021 berakhir, setidaknya mereka dibekali fisik yang sudah dilatih beberapa bulan sebelumnya.

Kondisi tersebut lebih bagus dibanding sebelum-sebelumnya, di mana para penggawa tak mendapatkan jam terbang karena Liga 1 belum bergulir.

Baca juga: Prediksi Line Up Timnas U23 Indonesia Vs Australia, Ernando Jadi Kunci

Bagi Shin Tae-yong, hal ini tentu menjadi keuntungan. Pasalnya, pelatih asal Korea Selatan itu beberapa kali protes dengan tak adanya kompetisi.

"Kalau tidak ada kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bagaimana saya bisa memantau pelaksanaan program yang sudah saya siapkan?"

"Kompetisi merupakan jantung pembinaan, saya bisa saja mengambil pemain baru untuk skuad Timnas U-19, U-23 maupun senior nantinya," kata Shin Tae Yong dilansir situs resmi PSSI pada Januari 2021.

Dari 33 pemain yang dipanggil untuk timnas U-23, 24 di antaranya bermain di klub Liga 1, 2 pemain bermain untuk klub Liga 2, dan tujuh sisanya berkarier di luar negeri.

Baca juga: Satu Hal yang Diinginkan Shin Tae-yong dari Personel Timnas U23 Indonesia di Laga Kontra Australia

Sebanyak 26 pemain yang bermain di Indonesia baik Liga 1 dan Liga 2 sudah mencicipi atmosfer kompetisi resmi.

Sebut saja kiper Ernando Ari Sutaryadi yang bermain bersama Persebaya Surabaya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.