Ronald Koeman di Barcelona: Bersinar sebagai Pemain, Redup Jadi Pelatih

Kompas.com - 28/10/2021, 11:30 WIB
Reaksi pelatih Barcelona, Ronald Koeman, seusai laga kontra Rayo Vallecano di Stadion Vallecas, Madrid, Kamis (28/10/2021) dini hari WIB. AFP/OSCAR DEL POZOReaksi pelatih Barcelona, Ronald Koeman, seusai laga kontra Rayo Vallecano di Stadion Vallecas, Madrid, Kamis (28/10/2021) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Sukses sebagai pemain belum tentu akan bersinar juga saat menjadi pelatih. Bisa jadi malah sinarnya meredup. Salah satu yang mengalami nasib ini adalah Ronald Koeman.

Ronald Koeman gagal bersinar saat jadi pelatih Barcelona meski memiliki kesuksesan saat jadi pemain Barca.

Sewaktu masih menjadi pemain Barcelona (1989-1995), Koeman bisa dibilang sukses. Dia sudah mengoleksi berbagai gelar bergengsi termasuk empat trofi Liga Spanyol, satu trofi Copa del Rey, satu trofi Piala Super Eropa, dan satu trofi Liga Champions.

Dari semua trofi tersebut, salah satu prestasi Koeman yang paling dikenal adalah keberhasilannya membawa Barcelona meraih trofi "Si Kuping Besar" pada musim 1991-1992.

Baca juga: Profil Xavi Hernandez: Jebolan La Masia, Raja Assist, Kandidat Kuat Pengganti Koeman

Kala itu, Koeman mencetak gol penentu kemenangan Barcelona atas Sampdoria pada final di Stadion Wembley, London, Inggris.

Adapun gol satu-satunya dari kaki Koeman tercipta melalui tendangan bebas pada babak tambahan waktu (extra time), tepatnya menit ke-112.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak saat itu, Koeman pun dikenal sebagai pahlawan Wembley 1992.

Meski sukses meraih berbagai gelar bergensi bersama Barcelona sewaktu masih menjadi pemain. Sinar Koeman saat menjadi pelatih Barcelona justru meredup.

Baca juga: Sejarah dan Profil Stadion Camp Nou, Markas Barcelona

Ditunjuk sebagai pelatih Barcelona pada 19 Agustus 2020, Koeman cukup kesulitan menjalani musim pertamanya meski berhasil membawa klub raih trofi Copa del Rey 2020-2021.

Saat memasuki musim 2021-2022, karier Koeman bersama Barcelona akhirnya berakhir setelah hasil rentetan buruk.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.