Kompas.com - 26/10/2021, 12:45 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya saat melawan ganda putra India, Ranki Reddy dan Shetty dalam babak kedua Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, kompleks GBK, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Ganda putra Indonesia, Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya menang dengan skor 21-15 21-14. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPasangan ganda putra Indonesia, Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya saat melawan ganda putra India, Ranki Reddy dan Shetty dalam babak kedua Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, kompleks GBK, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Ganda putra Indonesia, Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya menang dengan skor 21-15 21-14.

KOMPAS.com - Pukulan pembuka dalam bulu tangkis disebut servis (service dalam bahasa Inggris). Servis sendiri merupakan salah satu teknik dasar permainan bulu tangkis.

Servis atau pukulan pembuka adalah teknik dasar bulu tangkis yang sangat penting. Seorang pebulu tangkis wajib menguasai teknik servis secara baik dan benar.

Selain berfungsi sebagai pukulan pembuka tanda permainan dimulai, servis juga dapat dimanfaatkan untuk meraih poin.

Berdasarkan cara memegang raket, servis bulu tangkis bisa dilakukan dengan teknik pegangan forehand atau backhand.

Baca juga: Pukulan Servis yang Sering Dipakai Pemain Tunggal Bulu Tangkis

Dikutip dari laman resmi PB Djarum, forehand merupakan pukulan yang diayun dari belakang badan ke arah depan. Posisi raket dan telapak tangan menghadap shuttlecock.

Adapun, pukulan backhand adalah pukulan di mana pada waktu memukul shuttlecock posisi telapak tangan yang memegang raket menghadap ke belakang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk melakukan servis dalam pertandingan bulu tangkis atau badminton, bisa menggunakan teknik pukulan forehand maupun backhand.

Servis forehand bertujuan untuk melambungkan shuttlecock ke bagian belakang lawan. Sementara, servis backhand bertujuan agar lawan tidak balik menyerang.

Baca juga: Service Fault dalam Bulu Tangkis

Pukulan servis dengan gerak tipu

Pada dasarnya, ada tiga teknik dasar servis dalam bulu tangkis yaitu servis panjang (long service), servis pendek (short service), dan flick service.

Servis panjang biasanya digunakan dalam pertandingan tunggal. Caranya dengan memukul shuttlecock penuh tenaga dari bawah dan diarahkan ke bagian belakang atas lawan.

Gregoria MAriska Tunjung saat melawan Abigail Holden di babak penyisihan grup Piala Sudirman 2019, Minggu (19/5/2019).Doc. PBSI Gregoria MAriska Tunjung saat melawan Abigail Holden di babak penyisihan grup Piala Sudirman 2019, Minggu (19/5/2019).

Halaman:


Sumber PB Djarum
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.