Kompas.com - 24/10/2021, 04:44 WIB
Pebulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengembalikan bola ke arah lawannya pebulu tangkis China Lu Guang Zu pada ajang Thomas Cup 2020 di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021). Indonesia berhasil menjuarai Thomas Cup 2020 setelah mengalahkan China dengan skor 3-0. ANTARA FOTO/RITZAU SCANPIX via RPebulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengembalikan bola ke arah lawannya pebulu tangkis China Lu Guang Zu pada ajang Thomas Cup 2020 di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021). Indonesia berhasil menjuarai Thomas Cup 2020 setelah mengalahkan China dengan skor 3-0.

KOMPAS.com - Cara memegang raket dalam permainan bulu tangkis ada empat jenis, yakni forehand grip, backhand grip, american grip, dan kombinasi.

Setiap pegangan tentu punya ciri khas masing-masing dan tujuan tersendiri. Misalnya seperti forehand grip untuk membuat pukulan keras atau smash.

Begitu juga dengan backhand grip yang sejatinya bisa untuk melakukan smash. Akan tetapi tak begitu kencang seperti pegangan forehand.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai cara memegang raket dengan teknik backhand grip.

Perbedaan jelas backhand grip terletak pada posisi ibu jari. Teknik memegang raket dimana ibu jari terletak agak dekat dengan daun raket disebut backhand grip.

Baca juga: Cara Memegang Raket dengan Teknik Forehand

Teknik Backhand Grip

  1. Cara memegang raket backhand segala kekuatan dipusatkan pada ibu jari, yang ujungnya menekan pada permukaan lebih lebar di gagang raket.
  2. Keempat jari lain (telunjuk, tengah, manis, dan kelingking) terletak pada posisi sejajar, sementara usahakan gagang raket tidak menyentuh telapak tangan.
  3. Posisi ibu jari tidak seperti pada forehand grip, melainkan agak dekat dengan daun raket.
  4. Posisi ini memungkinkan pergelangan tangan untuk bergerak secara natural ketika seorang pemain melakukan teknik pukulan backhand.

Perhatikan gambar berikut:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara memegang raket forehand grip dan backhand grip.Kemendikbud Cara memegang raket forehand grip dan backhand grip.

Kesalahan dalam Pegangan Backhand Grip

  1. Memegang raket dengan menggenggam, jari-jari rapat, dan sejajar.
  2. Posisi 'V' tangan berada pada bagian grip raket yang lebar.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.